Mohon tunggu...
masikun
masikun Mohon Tunggu... Petani - Mahasiswa

Mahasiswa Pertanian

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Lingkar Pengaruh

11 Juli 2021   18:29 Diperbarui: 11 Juli 2021   18:35 71 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lingkar Pengaruh
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Petang ini kubuka kompasiana setelah lama tak mengunjunginya. Hal yang biasa aku lakukan tentu saja melihat topik pilihan. Selain ingin tahu topik hangat yang sedang dibicarakan, melihat topik pilihan sering kali membawa ide untuk menulis. 

Seperti kali ini contohnya. Banyak topik pilihan yang disedikan kompasiana, namun aku tertarik pada persoalan kecemasan. Hal ini menjadi menarik karena tidak jauh dari apa yang kadang aku rasakan. 

Kecemasan, berasal dari kata cemas yang dalam kbbi bearti gelisah, tidak tenteram hati. Aku berusaha mencari penyebat dari sebuah kecemasan. Menurut alodokter kecemasan bisa berasal dari pengamalan negatif yang menyebabkan stres atau trauma psikologi, keturunan, gangguan kepribadian, efek samping obat, atau bisa juga karena penyakit tertentu. Setelah mencari tahu penyebab kecemasan, aku mencari tahu perihal dampak dari kecemasan. Hasilnya sebagai berikut:

1. Mengganggu sistem saraf.

2. Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

3. Menyebabkan masalah pencernaan.

4. Melemahkan sistem imun.

5. Menyebabkan masalah sistem pernafasan.

Sumber: halodoc.

Setelah melihat dampak dari kecemasan itu aku mulai bertanya pada diri sendiri, apakah aku pernah mengalami cemas? Mulai dari tidak bisa tidur, sampai pernah sakit. Tentu saja menilai diri sedang cemas atau tidak itu susah, dan apalagi kalau sampai mendiagnosa diri macam-macam. Aku terdiam untuk beberapa saat. 

Akhir-akhir ini pola tidurku sudah mulai tidak karuan. Sering begadang, main game, buka media sosial. Begitu terus.  Apakah aku bahagia? Ternyata tidak. Sebaliknya aku merasakan sebuah kecemasan. Sedikit demi sedikit ternyata apa yang aku dengan dan aku lihat mulai mempengaruhi kondisiku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x