Mohon tunggu...
Moch. Alif Shokhibul Hikam
Moch. Alif Shokhibul Hikam Mohon Tunggu... Lainnya - edukasi

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tingkatkan Motivasi Kerja, Agar Kita Tetap Bersemangat!

29 September 2021   17:00 Diperbarui: 29 September 2021   17:22 181 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengejar Motivasi (Sumber: Ilustrasi Pribadi)

Pernah berpikir tidak mempunya motivasi? Coba Pikirkan, setiap kali kita berkerja  atau beraktifitas untuk menyelesaikan suatu tujuan, pernahkah tiba-tiba terlintas di pikiran kita "mengapa saya melakukan ini ?", tentu saja kita akan menanggapi "Ini saya lakukan demi materi (uang)" atau "demi pengakuan orang lain" bahkan "ini demi diri saya sendiri". 

Semua itu tidak lain dan tidak bukan adalah bentuk dari Motivasi, semua kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh makhluk hidup pasti didasari dengan Motivasi, bahkan bernafaspun merupakan bentuk motivasi alam bawah sadar kita untuk terus mempertahankan metabolisme tubuh agar tubuh tetap hidup, jadi motivasi akan selalu ada berdampingan dengan kita, tergantung jenis dan kebutuhan, karena setiap motivasi makhluk hidup itu berbeda-beda sesuai dengan tujuanya.

Motivasi Kerja

Motivasi Kerja sendiri ialah, suatu dorongan individu maupun kelompok untuk menimbulkan semangat dalam pekerjaanya guna mencapai tujuan yang di harapkan. Jadi peranan Motivasi Kerja bagi seorang pegawai ialah sebagai spirit dalam melaksanakan tugasnya secara maksimal sesuai dengan sasaranya. 

Menurut Ernest J. McCormick "Motivasi Kerja adalah kondisi yang berpengaruh dalam membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja", jadi selain sebagai tujuan, Motivasi Kerja juga memiliki peran yang lain dalam lingkungan kerja, seperti apabila seorang individu yang memiliki Motivasi Kerja tinggi maka akan berpengaruh terhadap individu yang lain disana dan akan menimbulkan rasa berkompetensi diantara para individu, sehingga lingkungan kerja tersebut memiliki nilai produktivitas yang tinggi.

Maka sebaliknya, apabila Motivasi Kerja suatu individu rendah akan bisa menjadi penyakit terhadap lingkunganya, karena dapat menurunkan Motivasi Kerja individu yang lain, sehingga menjadikan lingkungan kerja tersebut memiliki produktivitas yang rendah di sebabkan oleh turunya semangat.

Karena motivasi memiliki sifat yang menular, maka kita harus mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi naik turunya Motivasi Kerja terhadap Individu maupun kelompok.

  • Penyelesaian tugas atau pekerjaan berdasarkan tujuan dan sasaran
  • Penghargaan atas tugas yang di selesaikan
  • Hubungan antara individu dalam lingkungan kerja
  • Keamanan serta jaminan lingkungan kerja
  • Sifat lingkungan kerja
  • Kebijakan dalam lingkungan kerja
  • Kondisi, Gaji dan Status

Apabila faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi Kerja tersebut dapat di penuhi dengan baik oleh lingkungan kerja, maka akan menjadkan lingkungan kerja tersebut ideal dan nyaman, sehingga menjadikan orang-orang di dalamnya mempertahankan Motivasi Kerjanya terlebih lagi meningkatkanya.

 "Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih sukses, Anda adalah seorang pemimpin". -John Quincy Adams.

Berikut adalah hal-hal  yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Motivasi Kerja:

  • Mendengarkan pendapat dan masukan dari orang lain

Mendengarkan masukan orang lain terhadap kita, merupakan sebuah kritik yang membangun diri menjadi lebih baik, karena dengan pemberian saran itulah kita bisa mengetahui apa yang kurang dalam performa kita dan akan kita perbaiki kedepanya.

Selanjutnya  akan timbul rasa diakui oleh orang lain berkat interaksi tersebut,sehingga membuat diri kita menjadi lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik di mata orang lain, interaksi ini bisa berbentuk kritik, saran dan cerita pengalaman orang lain.

  • Berpikir positif

Berpikir positif menyelamatkan kita dari rasa pesimis, jika kita memiliki pikiran positif yang kuat maka kita tidak akan mudah menyarah dan putus asa dalam melaksakan suatu pekerjaan, hingga pekerjan terselesaikan secara memuaskan. 

Karena kendala terbesar yang menghambat produktivitas ialah rasa putus asa dan perasaan negative lainya, maka cara terbaik untuk menanggulangi perasaan negatif ialah di lawan dengan berpikiran positif.

  • Penghargaan untuk diri sendiri

Kita perlu untuk mendapatkan penghargaan untuk diri sendiri sebagai upah atas apa yang telah kita usahakan, seperti jika kita berkerja maka kita mendapatkan gaji, jika kita berkerja tanpa gaji maka kita akan kehilangan motivasi untuk pekerjaan tersebut.

Sama halnya dengan gaji kita harus memberikan penghargaan untuk diri sendiri baik berupa servis psikis maupun fisik, seperti kebutuhan sikis kita memperlukan liburan, atau untuk kebutuhan fisik kita memperlukan terapi yang menjadikan tubuh kita lebih segar, hal inilah yang membuat tubuh kita yang lelah menjadi prima kembali dan dapat menjadi motivasi kita untuk semangat berkerja di keesokan hari.

  • Pola hidup sehat

Pola hidup sehat merupakan faktor penunjang Motivasi Kerja yang paling dekat dengan kita, seperti halnya jika kita membiasakan tidur tepat waktu dan sarapan sebelum berkerja, maka akan menjadikan kondisi fisik kita dalam keadaan prima saat berkerja, karena jika kita mengabaikan pola hidup sehat, itu bisa berpengaruh signifikan terhadap kinerja saat di lingkungan kerja, seperti mudah lelah, capek dan kurang fokus,hal tersebutlah yang membuat Motivasi Kerja kita menurun, maka haruslah kita menerapkan pola hidup sehat agar Motivasi Kerja kita tetap stabil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan