Mohon tunggu...
REDAKSI HARIAN
REDAKSI HARIAN Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Jurnalis Kompasiana
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menyampaikan kabar secara akurat dan objektif

Selanjutnya

Tutup

Nature

Antisipasi Lebih Dini Penipuan Berkedok Tagihan PDAM

6 Februari 2019   13:27 Diperbarui: 6 Februari 2019   13:36 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kasus penipuan berkedok pembayaran tagihan PDAM kini tak sedikit jumlahnya. Sudah banyak masyarakat di berbagai wilayah telah menjadi korban atas kasus penipuan ini, salah satunya masyarakat Bandung yang menggunakan layanan PDAM Tirtawening.

Pola penipuan berkedok tagihan PDAM biasanya mengaku petugas tagih dari pusat yang berniat membantu menuntaskan pembayaran tunggakan rekening pembayaran, penyambungan sambungan baru air minum, dan perubahan golongan tarif pelanggan. Atau sanggup membantu melakukan penggantian meter air, dan melakukan pemasangan sambungan air liar.

Petugas tagih, begitu kami menyebutnya, mendatangi pelanggan dengan membawa blangko surat pemeriksaan yang dibuat sendiri. Kemudian petugas tagih tersebut meminta imbalan uang tanpa disertai pembayaran yang sah dari PDAM.

Berangkat dari kasus tersebut, langkah antisipatif yang bisa dilakukan ialah, pelanggan PDAM berhak menanyakan surat tugas. Apakah surat tugas yang dibawa resmi dari PDAM atau buatan  sendiri, sebab ada juga oknum yang mengenakan seragam dan nametag PDAM.

Selain itu, silahkan menghubungi nomor PDAM pusat atau tempat berlangganan, untuk memverifikasi apakah petugas tagih yang datang benar-benar utusan dari PDAM pusat. Dengan langkah tersebut kedok penipuan yang sedang marak di masyarakat bisa diantisipasi dengan baik.

Selain cara di atas, ada solusi lain yang bisa menanggulangi penipuan berkedok penagihan PDAM, yakni menunaikan pembayaran secara online. Dengan cek tagihan dan pembayaran secara online, pelanggan PDAM akan terhindar dari oknum-oknum yang tak bertanggung jawab tersebut. Lebih dari itu, melalui metode pembayaran online, pelanggan PDAM juga lebih cepat dan simpel dalam hal pembayaran.

Adalah BebasBayar, aplikasi yang memberikan layanan cek dan tagihan PDAM di seluruh Indonesia ini bisa menjadi pilihan terbaik. Selain karena sudah di percaya lebih dari satu juta pengguna, BebasBayar juga memberikan garansi keamanan pembayaran pada pelanggan PDAM.

"BebasBayar memberikan garansi penuh buat pelanggan PDAM di seluruh Indonesia. BebasBayar adalah platform transaksi dan pemmbayaran terpercaya, dan kami pastikan seluruh pembayaran pelanggan akan langsung menuju PDAM yang dituju." jelas Mirza, EVP BebasBayar, PT. Bimasakti Multi Sinergi.

Dengan BebasBayar pelanggan PDAM tidak perlu khawatir dengan modus penipuan berkedok petugas tagih PDAM. Semua bisa diantisipasi lebih dini dengan menggunakan aplikasi BebasBayar. Melalui BebasBayar pula pelanggan PDAM juga bisa cek tagihan di setiap waktu, sehingga jatuh tempo dan total pembayaran bisa dipersiapan terlebih dulu.

Lebih dari itu, dengan menggunakan aplikasi BebasBayar pelanggan PDAM juga bisa menikmati layanan yang lain, seperti cek dan tagihan BPJS Kesehatan, listrik, kartu kredit dan masih banyak lagi.

Karenanya, mari gunakan aplikasi BebasBayar, antisipasi lebih dini dengan pembayaran yang lebih transparan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun