Mohon tunggu...
Mas Garex
Mas Garex Mohon Tunggu... KBC - 55 | Kompasianer Brebes

Tulisan itu rekam jejak. Sekali dipublikasikan, tak akan bisa kau tarik. Tulislah hal-hal berarti yg tak akan pernah kau sesali kemudian.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Peduli Sosial dari TKI di Hongkong

10 Mei 2020   03:57 Diperbarui: 10 Mei 2020   04:15 115 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peduli Sosial dari TKI di Hongkong
Dok.reza

Peduli sosial merupakan responsif dan peka terhadap kondisi di sekitar kita. Kepekaan itu selain ditunjukkan dengan perasaan mengasihi dan menyayangi juga diwujudkan dengan tindakan-tindakan positif seperti membantu dengan ringan tangan apabila orang di sekitar membutuhkan bantuan.

Begitu juga yang dilakukan oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Hongkong mewujudkan kepeduliannya terhadap kampung halamannya di Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh salahsatu TKI asal Desa Karangsembung Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes yang bernama Reza Rafica, dia merasa prihatin dan berempati untuk membantu salahsatu warga di desanya yang terkena penyakit tumor yang bernama Aris diusia yang masih remaja dan masih berstatus pelajar.

Pertamakali Reza Rafica mengetahui kabar remaja tersebut melalui media sosial facebook, dia melihat sebuah postingan salah seorang di grup facebook desanya yang memberitakan kondisi remaja yang bernama Aris tersebut yang kebetulan merupakan warga desa karangsembung.

Dari situlah Reza Rafica tersentuh hatinya dan merasa simpati untuk membantu meringankan biaya untuk operasi tumor Aris. Setelah melihat berita tersebut Reza Rafica tergerak hatinya ingin membantu Aris dan keluarganya.

Kemudian, Reza Rafica mengajak temannya yang sesama TKI asal brebes yang berada di Hongkong untuk menggalang donasi untuk Aris, serta menyebarluaskan penggalangan donasi ke komunitas TKI yang ada di Hongkong.

Reza Rafica bersama teman-temannya juga melakukan pengumpulan donasi dengan cara jemput bola, dengan turun ke pusat-pusat perkumpulan TKI, mereka meminta kepada TKI secara sukarela.

Dok.reza
Dok.reza
Kegiatan meminta donasi tersebut dilakukan pada saat libur kerja, mereka berkeliling di pusat-pusat berkumpulnya para TKI di Hongkong, seperti Taman Mei Foo dan Taman Causeway Bay. 

Menurut Reza Rafica, mereka meminta donasi hanya kepada TKI asal indonesia yang ada di Hongkong dengan menjelaskan mengenai yang akan diberikan donasi tersebut. 

Dalam meminta donasi Reza Rafica beserta teman-temannya hanya melakukan 1 hari saja, mengingat pandemi covid-19 di Hongkong yang membatasi aktivitas atau kegiatan warganya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x