Mohon tunggu...
Mas Garex
Mas Garex Mohon Tunggu... Editor - KBC - 55 | Kompasianer Brebes
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Tulisan itu rekam jejak. Sekali dipublikasikan, tak akan bisa kau tarik. Tulislah hal-hal berarti yg tak akan pernah kau sesali kemudian.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Buah dari CorelDraw

15 Maret 2020   01:14 Diperbarui: 15 Maret 2020   01:13 383 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X8 dirilis pada tanggal 15 Maret 2016. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya. (Wikipedia)

Saya sendiri mengenal CorelDraw sudah lama, tetapi tidak bisa mengoperasikannya. Karena pada saat itu belum tahu kegunaan aplikasi tersebut. Flashback pada tahun 2015 saya bergabung dalam sebuah komunitas klub sepakbola di brebes, dari situlah saya mengenal dan bisa menggunakan CorelDraw.

Bermula dari setiap kegiatan komunitas tersebut yang mengumumkan/ share flyer atau pamflet kegiatan-kegiatannya di Sosmed komunitas, saya melihat disosmed komunitas lain yang mengeshare kegiatannya ditambahkan dengan adanya flyer/ pamflet. Hal tersebut menurut saya selain menjadi informasi kegiatan juga sebagai daya tarik postingan dari segi seni yang melihatnya dan sekaligus sebagai sarana untuk menambah anggota.

Dari situlah saya mencari tau aplikasi apa untuk membuat flyer/pamflet tersebut, setelah mencari informasi di google dan tanya-tanya kepada teman-teman akhirnya saya tahu aplikasinya yaitu dwngan menggunakan CorelDraw. Dan ternyata di Laptop saya sudah ada aplikasi tersebut, alhasil saya tinggal mencari tahu tentang cara penggunaannya.

Kemudian saya cari tutorialnya melalui youtube, dan langsung saya praktekkan. Semuanya saya pelajari sendiri secara otodidak. Pada saat itu untuk mengejarkan/ membuat 1 flyer membutuhkan waktu -/+ 1 jam pengerjaan untuk kelas pemula seperti saya. Walaupun belum mahir menggunakannya saya tetap terus belajar mendasin di CorelDraw. Dan inilah beberapa contoh flyer sederhana hasil karya saya 

Desained by Mas Garex
Desained by Mas Garex

Setelah belajar membuat flyer kemudian saya belajar membuat desain banner, yang berawal dari komunitas tersebut pula diharuskan saya untuk berfikir  membuat desain banner di kegiatan komunitas. Untuk membuat desain banner dengan flyer berbeda, perbedaannya terletak pada pemiliham tema desain.

Dari tahun 2015 sampai sekarang saya masih kategori pemula dalam hal desain grafis. Masih banyak kekurangan  dalam mwngoperasikan CorelDraw ini.

Dari kebiasaan saya yang sering menggunakan CorelDraw, kemudian banyak teman yang meminta tolong ke saya untuk membuat desain logo, banner, pamflet, brosur, desain t-shirt dll. Tidak lepas di kantor saya pun sering membuatkan desain banner untuk acara-acara dinas kantor. Semuanya saya penuhi karena itu sudah menjadi hobi saya mengoperasikan CorelDraw, walaupun dalam pengerjaannya menyita waktu dan pikiran, saya lakukan dengan ikhlas tanpa meminta imbalan sebagai jasa desain. 

Namun banyak juga yang meminta jasa desain kepada saya memberikan imbalan seikhlasnya sekedar untuk jajan saya. Dan sampai sekarangpun saya tidak mematok harga untuk jasa saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan