Mohon tunggu...
WongNdeso
WongNdeso Mohon Tunggu... Administrasi - ASN

Orang Ndeso yang ingin terus belajar, berbagi dan bermanfaat untuk orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Ada Apa dengan Piala Dunia 2022 di Qatar

28 November 2022   10:25 Diperbarui: 28 November 2022   10:38 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Piala Dunia di Qatar menjadi momen bagi negara Qatar untuk mengaktualisasikan negara tersebut sebagai negara maju di gurun dengan penyelenggaraan Piala Dunia dengan fasilitas dan sarana yang super canggih. Piala Dunia 2022 menjadi tolak ukur bagi FIFA akan persiapan negara negara di gurun menjadi tuan rumah event dunia. 

Tetapi. ada satu hal yang menarik saya amati, Di babak group, banyak team unggulan yang kewalahan dalam menaklukan lawan lawannya. Argentina dikalahkan Arab Saudi, Jerman dikalahkan Jepang, Belgia dikalahkan Marokko, Uruguay ditahan imbang oleh Korsel. Beberpa contoh  hasil pertandingan yang dimenangkan oleh Team underdog. Bahkan secara mencolok, permainan team dari negara negara Afrika sangat menunjukkan permainan yang setara team team kelas dunia lain. Ambil contoh aja , Arab Saudi, Marokko dan Iran.  Boleh dibilang team team ini mengalami kemajuan permainan yang cukup pesat. Bahkan team team dari Eropa kewalahan mengimbangi permainan negara negara ini.

Koleksi Tribun Medan
Koleksi Tribun Medan

Pertanyaanya, Ada Apa dengan Piala Dunia di Qatar?. Koq team team unggulan, atau boleh kita bialang team negara Eropa kedodoran dalam menghadapi team team dari Afrika . Menurut saya ada beberpa sebab :

1. Faktor Cuaca. Tentunya iklim di Qatar yang nerupakan negara Padang Pasir lebih panas dari cuaca di Eropa. Ini akan mempengaruhi daya tahan dan durasi kebugaran pemain. Beda dengan Team Team Afrika yang memang pemainnya terbiasa dengan cuaca panas.

2. Semakin meratanya ilmu dan tehnik bola. Asia dan Afrika mempunyai Tehnik Pembinaan Bola yang sudah setara dengan team team yang dari Eropa dan Amerika Latin . Negara negara di Afrika dan Asia sudah banyak yang mengambil pelatih kelas dunia seperti yang dipunyai negara negara Eropa . Ditambah semakin banyaknya pemain dari negara Asia dan Afrika yang bermain di Liga Liga Eropa dan Liga Amerika Latin. Belum lagi, banyak juga Liga liga di Afrika dan Asia yang juga mendatangkan pemain dari Liga liga Eropa dan Amerika Latin.

Koleksi Kompas
Koleksi Kompas

3. Pola Pembinaan berjenjang dan pelaksanaan Liga domestik yang terencana dengan baik, terlaksana dengan terukur dan aturan pembinaan yang ketat menjadi faktor keberhasilan team team dari Afrika dan Asia. 

4. Daya Juang dan Semangat Nasionalisme tinggi menyebabkan pemain pemain dari Afrika mempunyai diterminasi tinggi untuk mengimbangi permainan team team dari Eropa. Bahkan pemain pemain yang dikatakan bintang kewalahan mengimbangi permainan mereka . Ngotot, taka kenal lelah, berani bermain lepas menjadi senjata bagi team team dari Afrika dan Asia untuk bersaing dengan lawan. Ini didasari atas semangat Nasionalisme dan Semangat Berkompetisi yang terpupuk dengan baik.

Itulah 4 hal yang menurut saya Team team dari Afrika dan Asia bisa berbicara dan mengimbangi permainan team team unggulan. terlepas apakah mereka juara atau masuk ke putaran putaran berikutnya, satu hal perlu kita garis bawahi bahwa permainan sepakbola mereka sudah berkembang dan lebih maju dibanding era era dulu. Selamat untuk Team Team dari Afrika dan Asia.

# WongNdeso

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun