Mohon tunggu...
WongNdeso
WongNdeso Mohon Tunggu... Administrasi - ASN

Orang Ndeso yang ingin terus belajar, berbagi dan bermanfaat untuk orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Diabetes Membuat Pola Hidupku Berubah

27 September 2022   10:05 Diperbarui: 27 September 2022   10:11 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Diabetes atau sering orang menyebut penyakit 'kencing manis' adalah salah satu penyakit Degeneratif yang sangat berbahaya. Menurut WHO, Diabetes dedifinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat,lipid dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Insufisiensi funsi insulin ini disebabkan gangguan atau difesiensi produksi insulin oleh sel sel beta Langerhans Kelenjar Pankreas atu disebabkan oleh kurang responsifnya sel sel tubuh terhadap insulin. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar (glukosa) hingga diatas ambang normal. Tubuh pengidapnya tidak lagi mampu mengambil glukosa ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya penumpukan gula ekstra dalam aliran darah dalam tubuh.l Hal ini, yang tidak terkontrol secara serius menyebabkan konsekuensi serius, ayaitu menyebabkan kerusakan pada organ dan jaringan tubuh.

Kondisi tingginya Kadar Gula dalam tubuh saya alami delapan tahun silam. Saat itu saya sering merasakan tiba tiba lemas, rasa haus yang sangat tinggi dan sering kepala berkunang kunang dan gampang mengatuk. Saat itu saya  tidak sadar bahwa kadar gula dalam tubuh sangat tinggi. saya baru sadar saat diadakan pemeriksaan Gula Darah Gratis dari Dinas Kesehatan Kota Medan ke Kantor tempat saya bertugas. Saat itu Kadar Gula saya 400, diatas normal yang seharusnya 160. Itupun saya anggap bukan hal yang luar biasa, sebab saya mersa tidak ada rasa sakit apa apa . 

Puncak kesadaran saya terjadi dua bulan kemudian, yaitu saat batu batuk dan agak susah bernafas yang selama dua minggu tidak sembuh. Saat itu saya langsung berobat dan oleh dokter langsung dirujuk untuk opname . Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh hasil membuat saya termangu. Gula darah saya sudah 600 dan paru paru sudah separuh rusak. Selama hampir tiga bulan saya harus menjalani perawatan untuk memperbaiki paru paru dan menormalkan Kadar Gula Darah

Setelah dinyatakan boleh pulang, paru paru saya memang sudah membaik walaupun belum seperti sedia kala. Tetapi kadar gula saya maish diangka 300 an. Dengan terpaksa, saya harus menjalani terapi dirumah. Mulai rutin minum susu kambing, sehari 3x, menakar makanan, terutama nasi sampai olahraga rutin setiap pagi dengan kegiatan Jalan Pagi. Alhamdulllah, setelah menjalani terapi selama 4 bulan, dengan pengawasan ketat istri dan anak anak saya, perlahan badan saya mulai bugar, dan batuk batuk saya hilang. Saya mualai bekerja normal dan beraktivitas lagi seperti sediakala

Kondisi badan yang mulai normal, bugar dan sehat, menyebabkan pola hidup saya mulai ngawur. Saya kembali dengan kebiasaan sebelum sakit. Ngopi, nongkrong, tidur malam menjadi kebiasaan saya kembali. Belum lagi nafsu makan yang enak enak, jajan yang manis manis kembali menjadi kebiasaan saya.

Hasil dari pola hidup yang tidak sehat, mengakibatkan saya tumbang kembali. Juni 2021 saya harus dilarikan ke rumah sakit karena tidak sadar dengan awal sakit yang saya rasakan sesak dan demam tinggi. Setelah dilakukan pemeriksaan, Kadar Gula Darah saya sudah 800, paru paru sebelah kiri bolong bolong dan jantung terjadi penyumbatan. Akhirnya saya harus tinggal di Rumah Sakit selam 4 bulan.  Pengalaman yang sunggu berharga sekaligus menyeramkan bagi saya.

Setelah dinyatakan boleh pulang, saya tersadar dan berkomitmen untuk betul betul menjaga Pola Hidup Sehat. Apa yang saya lakukan.

1. Setiap Pagi setelah Sholat Subuh saya usahakan olahraga lari ringan selama 30 menit

2.  Setiap makan, saya menghindari makan yang bersantan dan mengurangi goreng gorengan (makanan yang berminyak)

3. Tidur malam lebih cepat, paling lama jam 21.00 WIB

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun