Mohon tunggu...
daryo susmanto
daryo susmanto Mohon Tunggu... Guru

jangan berhenti belajar

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Popkota Dibuka, SMP Negeri 1 Cirebon Juara Umum Lagi

9 November 2019   03:30 Diperbarui: 9 November 2019   21:26 0 0 0 Mohon Tunggu...
Popkota Dibuka, SMP Negeri 1 Cirebon Juara Umum Lagi
Defile kontingen atlet saat Pembukaan Popkota 2019. Dokumen Gysca Allycia

POPKOTA (Pekan Olahraga Pelajar Kota) Cirebon 2019 baru saja dibuka oleh Walikota Cirebon yang diwakili oleh asisten daerah. Pembukaan dilaksanakan di GOR Bima Kota Cirebon. 

Pembukaan diawali dengan defile dari kontingen-kontingen yang mengikuti Popkota 2019. Kontingen yang masuk adalah kontingen dari tingkat sekolah dasar, dilanjut kontingen tingkat SMP dan SMA.

Kontingen SMP Negeri 1 Cirebon diiringi Marching Band Gema Bahana Winaya. Dokumen Gysca Allycia
Kontingen SMP Negeri 1 Cirebon diiringi Marching Band Gema Bahana Winaya. Dokumen Gysca Allycia

Popkota kali ini dilaksanakan dari tanggal 8 -14 November 2019 dengan mempertandingkan 18 cabang olahraga (cabor). Kedelapan belas cabor tersebut, yaitu atletik, bola basket, bola voli, bridge, bulutangkis, catur, gulat, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak bola, sepak takraw, senam, softball, taekwondo, tenis meja, dan tenis lapangan.

Meskipun baru dibuka, tetapi beberapa cabang olahraga sudah dipertandingkan seperti bola basket dan renang. Kedua cabang olahraga tersebut sudah memulai pertandingan bahkan sudah ada yang selesai dan menghasilkan juaranya. Salah satunya cabang olah raga renang.

Renang dipertandingkan pada Kamis, 7 November 2019 dengan tempat di Kolam Renang Catherine Surya, Cirebon. Hasilnya, kontingen SMP Negeri 1 Cirebon berhasil mempertahankan juara umumnya di cabang renang. Dengan perolehan 8 medali emas, 9 perak, dan 2 perunggu. Disusul  peringkat 2 yakni SMP Negeri 4 dengan 4 medali emas dan 2 medali perunggu.

Sementara di tingkat SMA juara umum renang diraih oleh SMA Negeri 1 Cirebon. Untuk tingkat SD diraih oleh SD dari Kecamatan Kesambi (Korwil Kesambi).

Hasil akhir cabang renang. Dokumen gg.gg/renangcirebon
Hasil akhir cabang renang. Dokumen gg.gg/renangcirebon

Sebagai juara bertahan di cabor renang perolehan medali SMP Negeri 1 Cirebon sebenarnya turun dari tahun sebelumnya yakni 13 medali emas. Namun, sekolah tetap merasa bangga dan akan terus memberikan apresiasi dalam bentuk reward bagi atlet dan officialnya. Hal ini ditegaskan oleh Lilik Agus Darmawan selaku Kepala Sekolah.

Lebih lanjut, Kepala SMP Negeri 1 Cirebon ini yakin kontingen SMP Negeri 1 Cirebon akan mampu mempertahankan untuk ketiga kalinya secara beruntun sebagai Juara Umum POPKOTA. Menurutnya, saingan terberatnya adalah dari SMP Negeri 4 Cirebon yang memang memiliki kelas olahraga. Namun, dengan tekad yang kuat dari atlet, pelatih, dan official, kami akan berusaha meraih hasil terbaik sehingga meraih juara umum yang ketiga kalinya. Hal ini dikuatkan oleh Rahmat Nugraha selaku ketua kontingen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x