Mohon tunggu...
Bayu Ramadhani Fajri
Bayu Ramadhani Fajri Mohon Tunggu... Lecturer & Digital Media Enthusiast

I am a lecturer at Universitas Negeri Padang since July 2018. Previously I worked at SEAMEO SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre) in IT Contents and Knowledge Management division. My area of interest and development are Animations, Virtual Environment, Augmented Reality, Virtual Reality, Edugame Development, Interactive Media, Simulation, Programming and E-Learning.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tim PKM UNP Berikan Pelatihan Edugame Development kepada Guru-guru di Kabupaten Dharmasraya

10 Desember 2019   07:29 Diperbarui: 10 Desember 2019   07:35 19 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tim PKM UNP Berikan Pelatihan Edugame Development kepada Guru-guru di Kabupaten Dharmasraya
Pemaparan Digital Learning oleh Bpk Fadhli Ranuharja, M.Pd.T (dokpri)

Kegiatan Pengabdian kemitraan Masyarakat  ini merupakan salah satu bentuk aplikasi Tridharma Perguruan Tinggi poin ke tiga mengenai Pengabdian pada Masyarakat. Kegiatan ini berupa seminar dan workshop pelatihan bagi guru-guru Sekolah SD/SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kab Dharmasraya.

Berdasarkan kesepakatan dengan tim pelaksana, maka ketiga kegiatan tersebut dilaksanakan dalam (3) hari, yakni satu hari untuk pembekalan dan materi pengantar tentang pembelajaran 4.0 dan 2 hari untuk pelatihan dan praktek membuat aplikasi pembelajaran berbasis edugame. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12-15 Agustus 2019.

Kegiatan Pengabdian  ini dimulai dengan melakukan observasi daerah-daerah yang minim pengetahuan tentang pembelajaran digital berbasis Edugame di sumatera Barat. Sebagian data didapat dari wawancara dengan pejabat dinas pendidikan di Dharmasraya Bpk Reno Lazuardi selaku Sekertaris Dinas Pendidikan Kab. Dharmasraya.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan khusus guru membuat konten pembelajaran digital dan merancang Edugame yang akan pelajari oleh guru-guru untuk diterapkan di matapelajarannya masing-masing.

Anggota tim dalam kegiatan ini adalah: 1. Fadhli Ranuharja, S.Pd, M.Pd.T (Materi Digital Learning Material), 2. Febri Prasetya, S.Pd, M.Pd.T (Materi Pendidikan 4.0), 3. Bayu Ramadhani Fajri, M.Ds (Materi Edugame Development).

Peserta Mempraktekkan Perancangan Edugame (dokpri)
Peserta Mempraktekkan Perancangan Edugame (dokpri)

Peserta Mempresentasikan Hasil Pelatihan (dokpri)
Peserta Mempresentasikan Hasil Pelatihan (dokpri)

Penyerahan Doorprize Kepada Peserta dengan Hasil Edugame Terbaik oleh Narasumber (dokpri)
Penyerahan Doorprize Kepada Peserta dengan Hasil Edugame Terbaik oleh Narasumber (dokpri)
Setelah dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan guru-guru dapat menerapkan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat membagi skill baru yang telah di pelajari kepada rekan sesama guru dan juga siswa-siswi disekolahnya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x