Mohon tunggu...
Nur Rakhmat
Nur Rakhmat Mohon Tunggu... Guru yang Belajar Menjadi Guru

Nur Rakhmat. Pembelajar yang belajar untuk belajar bermanfaat bagi sesama. Saat ini mengajar di SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Berusaha selalu aktif menulis dan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan pendidikan. Aktif di forum dan komunitas literasi serta kepenulisan di Kota Semarang dan Jawa Tengah. Bisa dihubungi di FB Nur Rakhmat dan Nurrakhmat Blogguru Indonesia. Salam Sukses Selalu ...

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Membangun Lingkungan Ramah Sampah

30 November 2019   11:03 Diperbarui: 30 November 2019   11:05 17 0 0 Mohon Tunggu...

Membangun Lingkungan Ramah Sampah

Oleh : Nur Rakhmat

Di sini sampah di sana sampah

Tiada dua dan tiada terhingga

Ayo kawan janganlah marah

Kita ambil dan kita terima

Tentu sebagian kita belum semuanya sependapat dengan pantun tersebut. Mengapa demikian? Sampah sebagaimana kita ketahui menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah segala sesuatu baik barang atau benda yang tidak terpakai lagi karena dan sebagainya. Maka dari itu jelas sekali bahwa sampah tentu sangat merugikan semua mkhluk hidup termasuk manusia di dalamnya.

Bahkan beberapa waktu lalu sangat viral di berbagai media, baik media cetak maupun media maya adanya timbunan sampah yang panjangnya sampai sekitar 100 meter di sebuah sungai wilayah Bekasi.

Maka dari itu, sebagai masyarakat yang membutuhkan barang sebagai unsur utama dalam keseharian, kehadiran sampah mutlak tidak bisa kita hindari. Tetapi yang hendaknya kita tingkatkan adalah kesadaran kita semua untuk peduli dan peka terhadap adanya sampah di lingkungan kita.

Sudah bukan zaman lagi sampah membawa musibah, tetapi yang sebaiknya kita tanamkan dan tumbuhkan dalam diri kita dan lingkungan adalah sampah membawa berkah. Tentu ini bukan mengada ngada, terlebih jika kita melihat potensi banyaknya sampah plastik di lingkungan kita, seperti yang dikutip dari CNBC. Com ada sekitar 1, 29 Juta ton/ tahun sampah yang dihasilkan masyarakat Indonesia.

Sungguh luar biasa berkah jika bangsa ini mampu berdamai dengan besarnya potensi sampah yang ada. Dari sampah yang hanya bisa menjadi pengganggu dan penyebab lingkungan tidak bersih, menjadi sampah yang benar benar bermanfaat bagi lingkungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN