Mohon tunggu...
Maryanah Ahnan
Maryanah Ahnan Mohon Tunggu... Profesi sebagai penulis dan guru

Mahyra Senja adalah nama pena dari Maryanah, S. PD seorang guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang gemar menulis fiksi dan puisi.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Tips Sukses Menghilangkan Ngantuk Saat Tadarus Al-Qur'an

20 April 2021   06:37 Diperbarui: 20 April 2021   06:41 278 4 1 Mohon Tunggu...

Keutamaan membaca Al-Qur'an sangat penting terutama di bulan suci Ramadhan.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dan satu kebaikan tersebut digandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, Bu akan tetapi alif adalah satu huruf, lam adalah satu huruf dan mim adalah satu huruf." (HR Tirmidzi dan dishahihkan oleh Albani).

Dari hadits tersebut menerangkan pada kita bahwa pahala kebaikan saat membaca Al-Qur'an begitu luar biasa. Bayangkan jika hanya membaca Alif saja anda sudah mendapatkan pahala apalagi membaca 30 juz selama bulan puasa.

Siapa yang tidak mau mendapatkan pahala tersebut? Yuk kita berlomba untuk mendapatkan pahala kebaikan itu. Manfaatkan momen bulan suci Ramadhan ini dengan baik. Jangan sampai menyesal nantinya, sehingga di hari nan fitri kita terlahir suci, bersih dan menjadi muslim yang baru seperti pahala puasa yang dapat menghapus dosa-dosa kita.

Beberapa tips dari pengalaman saya yaitu:

1. Niat membaca Alquran karena untuk mencari pahala di bulan suci Ramadhan karena Allah bukan untuk pamer. Sehingga anda perlu berjuang untuk mendapatkannya.

2. Cari tempat yang nyaman. Jauh dari kebisingan agar khusyuk dan jauhi tempat tidur. Usahakan posisi duduk. Sementara Al-Qur'an bisa ditaruh diatas meja yg sejajar dengan posisi duduk.

3. Berwudhu sebelum membaca Alquran.

4. Jauhi kipas angin atau AC karena akan membuat anda semakin mengantuk.

5. Pilih waktu yang tepat misalnya sebelum dan sesudah sholat shubuh.

6. Lakukan gerakan olahraga ringan ditempat tanpa perlu kemana-mana. Saya mendapat pengalaman ini dan sudah mempraktekkan nya. Saya mencari senam gerakan ringan menghilangkan pegal pada otot tangan dan punggung agar urat saraf tidak kaku dan lentur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN