Pada tanggal 01 September 2022, Universitas Negeri Surabaya meluncurkan mahasiswanya untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN - T) yang ditempatkan di Kota/Kabupaten di Jawa Timur. Terdapat beberapa tema dan kelompok yang ditempatkan di Kabupaten Nganjuk, salah satunya yaitu kelompok KKN Nganjuk 2. Kelompok KKN Nganjuk 2 bertema Asistensi Mengajar yang berfokus pada Pendidikan serta didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yaitu Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd.,M,Pd.,
Kelompok KKN Nganjuk 2 di tempatkan di Desa Ngliman. Desa Ngliman merupakan satu dari sembilan desa yang berada di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Desa Ngliman merupakan pedesaan yang terletak di lereng gunung Wilis. Desa yang dapat ditempuh kurang lebih 50 menit dari pusat Kota Nganjuk. Dalam bidang pengajaran, terdapat beberapa sekolah di lingkungan RW 02 Desa Ngliman diantaranya adalah Paud, TK, dan SD. Diantara program kerja yang telah kita laksanakan di beberapa sekolah, salah satunya adalah Eksperimen Sains Sederhana yang dilaksanakan pada tanggal 21 November 2022 di SD Negeri 1 Ngliman
Gambaran umum dari Eksperimen Sains Sederhana dan kreatif yaitu untuk membekali siswa dengan pengetahuan disertai suatu keterampilan yang dapat dilihat secara nyata terjadi di lapangan. Contoh eksperimen yang dilaksanakan yaitu pembuatan rangkaian listrik sederhana dan pembuatan magnet.
Tujuan kami dalam melaksanakan Eksperimen Sains Sederhana ini yaitu untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang terjadi secara nyata di kehidupan sehari-hari serta meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik dalam menemukan dan memahami suatu konsep atau materi yang sedang dipelajari.
Siswa sangat antusias dalam melaksanakan eksperimen ini karena menurut mereka bahan yang digunakan sangat mudah didapat dan juga cara merangkai serta pembuatannya tidaklah rumit, sehingga mereka (siswa) mudah dalam memahami konsepnya. Setelah melaksanakan eksperimen siswa mencatat hasil yang telah diperoleh.
Indikator Pencapaian yang didapat yaitu peserta didik dapat memahami proses yang terjadi dan menarik kesimpulan setelah melakukan percobaan/eksperimen sains sederhana, Selain itu Peserta didik dapat memahami suatu konsep atau materi yang sedang dipelajari setelah melakukan percobaan/eksperimen sains sederhana.
Dengan adanya Eksperimen Sains Sederhana ini menjadikan siswa tumbuh rasa bekerjasama dalam kelompok tidak individualis serta percaya diri akan hasil yang diperoleh dari masing - masing kelompok.Â