Mohon tunggu...
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris Mohon Tunggu... Penulis - Menikmati menulis dan membaca dalam bertualang makna kehidupan menuju kebijaksanaan abadi.

Penulis, Pembaca, Petualang, dan Pencari Makna.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menulis Makna (66): Jangan Lupa Bersantai, Ingat Selalu Berkarya

13 September 2021   04:05 Diperbarui: 13 September 2021   07:32 86 23 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menulis Makna (66): Jangan Lupa Bersantai, Ingat Selalu Berkarya
Illustrasi. www.lifehack.org

Sediakanlah waktu untuk bersantai, tapi jika sudah saatnya untuk bertindak, jangan ragu dan bergegaslah. (Napoleon Bonaparte)

Kehidupan penuh dengan irama yang menjadikan hidup ini nyanyian jiwa dengan segala konteks dan pengalaman yang ada dalam setiap pribadi. Manusia akan menikmati dan meresapi segala irama kehidupan ini dalam konteks kehidupan yang memberikannya wacana pada hidupnya sendiri. 

Kesadaran pada konteks kehidupan ini senantiasa membawa manusia pada sebuah kesadaran penuh dan menyeluruh sehingga mampu menuntun setiap langkah kehidupannya pada segala pengalaman hidup. 

Irama yang enak merasuk ke dalam hati menjadi simbol kehidupan yang mampu menyelaraskan konteks dan pengalaman hidup. Sebaliknya, hidup yang tak tahu arah dan dasar kehidupannya layaknya nada-nada sumbang dalam irama yang merusak rasa.

Pada waktunya manusia akan terus dihadapkan pada pengalaman-pengalaman hidup yang mau tidak mau, suka tidak suka, harus dijalani dan ditelusuri dari waktu ke waktu tanpa bisa menolaknya karena kehidupan akan terus mengalir. 

Ketika manusia tidak siap dalam setiap pengalaman hidup ini, maka hanya akan terseret oleh arus kehidupan dan terus terombang-ambing oleh segala dinamika kehidupan dalam ketidakberdayaan hidup. Baginya, hidup begitu menggelisahkan dan menjadikannya menderita setiap saat yang tak kunjung membawa angin segar yang membahagiakan.

Illustrasi. www.keepinspiring.me
Illustrasi. www.keepinspiring.me
Manusia sejatinya menjadi tuan atas hidupnya sendiri dengan penuh kebijaksanaan dan kemandirian yang mampu mengembangkan diri dan membawa kebaikan bagi sesama. Manusia sesungguhnya mempunya kesempatan untuk mennentukan pilihan-pilihan dalam hidupnya yang menjadi arah dan sekaligus dasar kehidupannya yang lebih baik dan bermakna. 

Layaknya sebuah lagu kehidupan, manusia memiliki kebebasan menentukan dan merangkai nada-nada kehidupan ini menjadi alunan yang indah dan bermakna. Setiap orang memiliki kesempatan untuk memilih untuk bersantai menikmati kelonggaran hati dan budi atau sebaliknya bertindak dalam segala daya upaya memperjuangkan sesuatu yang baik dan luhur.

Bersantai dalam hidup adalah sebuah kesempatan yang harus diambil dan dirangkai dalam perjalanan hidup dengan tepat dan nikmat. Hidup tidaklah harus selalu tegang dalam segala tantangan hidup sehingga tidak mempunyai waktu melongarkan pikiran dan hati dalam kenikmatan untuk memberikan kesempatan menikmati dunia dengan berbagai hal yang menenangkan maupun menyegarkan. 

Bersantai-santai dengan segala cara unik merupakan kebutuhan hidup yang hakiki untuk mengisi diri dengan semangat, amunisi inspirasi, motivasi, kesegaran jiwa raga, dan keheningan jiwa yang tak terhingga. Dengan bersantai inilah, sebuah kesempatan membangun pribadi yang lebih kuat tatkala harus menjalani hidup yang penuh tantangan dan perjuangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan