Hiburan

Analisis "Video Performance El Gamma Panumbra Asians Got Talent"

17 April 2018   00:02 Diperbarui: 17 April 2018   00:05 275 0 0

MAKALAH

SOSIOLOGI KOMUNIKASI

NAMA      : MARTHON RINGGI

NIM           : 1703030124

KELAS      : C

PRODI       : SOSIOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS NUSA CENDANA

K U P A N G

2018

KATA PENGANTAR

Segala Puji dan Syukur, Saya panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Kuasa, atas berkat dan anugerah-Nya, Saya Saya dapat menyusun  Makalah ini  dengan judul "ANALISISI VIDEO PERFOTMANCE EL GAMMA PENUMBRA di ASIA'S GOT TALENT ".

Saya sadar sepenuhnya bahwa makalah ini masih terbatas dan jauh dari kata sempurna, hal ini mengandung keterbatsan pengetahuan, pengalaman, dan waktu yang dimiliki.Namun demikian saya telah berusaha dan bekerja keras   untuk membantu orang-orang, dan bagi pembaca sekalian untuk memahami dan  meningkatkan kesadaran akan pentingnya Ibu dan hewan di Alam liar.

                                                                                                                  Kupang, 30 Maret 2018

                                                                                                                                        Penyusun

                

Daftar isi

KOVER

KATA PENGANTAR                                                                                                           I

DAFTAR ISI                                                                                                                          II

BAB I                                                                                                                                    

PROLOG                                                                                                                                1

1.1 LATAR BELAKANG                                                                                                     1

BAB II

ANALISIS                                                                                                                             2

2.1 PENGERTIAN BAYANGAN                                                                                        2

2.2 EL GAMMA PANUMBRA                                                                                            2

2.3 ANALISIS ISI                                                                                                                 3

BAB III

EPILOG                                                                                                                                 6

3.1 KESIMPULAN                                                                                                                6

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                                        7

BAB I

PROLOG

1.1 Latar Belakang

El Gamma Penumbra adalah grup bermain bayangan pria Filipina , yang terkenal sebagai pemenang musim pertama Asia Got Talent

El Gamma Penumbra pertama kali didirikan pada tahun 2008 sebagai grup anak hip-hop , bersaing dalam kontes tari di Tanauan, kota asal mereka di provinsi Batangas, di Luzon barat daya (sekitar satu jam perjalanan dari Manila). Kelompok ini memutuskan untuk mengubah tindakan mereka sebelum Pilipinas Got Talent , berpikir bahwa mereka akan cenderung menang karena ada terlalu banyak kelompok tari hip-hop di Filipina.

Setelah memutuskan untuk melakukan permainan bayangan, percaya itu baru dan unik, mereka mulai berlatih di lapangan basket dekat Tanauan, menggunakan terpal dan lampu halogen sebagai improvisasi.  Kelompok ini hanya terdiri dari anggota laki-laki, mengutip "gerakan tubuh yang ekstrim dan kontak yang diperlukan dari rutinitas mereka." 

Sebelum menang di musim pertama Asia's Got Talent , El Gamma Penumbra pernah bergabung dengan versi Filipina dari waralaba 2011 lalu. Grup bermain bayangan secara otomatis maju ke grand final setelah menerima suara nasional tertinggi dari penampilan semi-final mereka. Mereka adalah yang pertama mencapai final. 

Kelompok ini kemudian melakukan pertunjukan bayangan yang terinspirasi oleh pariwisata, menganjurkan tempat-tempat wisata di Filipina, selama pertunjukan grand final mereka yang diselenggarakan pada 23 Oktober 2011 di Pusat Olahraga Ynares di Kota Antipolo .  Mereka akhirnya mengumpulkan tempat keempat setelah menerima 8,05% suara. 

Sejak itu, mereka biasanya diundang untuk tampil sebagai bintang tamu di berbagai tempat dan pertunjukan.  Secara khusus, mereka menjadi tamu reguler di It's Showtime , melakukan tindakan seperti penghormatan kepada Pekerja Filipina Luar Negeri (OFWs) yang tidak dapat menghabiskan Natal bersama keluarga mereka di Filipina, [4]penghargaan untuk peringatan kematian mantan mantan senator Benigno Aquino, Jr. ,  dan sebuah angka inspiratif tentang harapan dan iman yang dilakukan selama Pekan Suci

BAB II

ANALISIS

2.1  Pengertian Bayangan

Bayangan  terjadi apabila cahaya terhalang sesuatu benda, maka terbentuklah bayang-bayang. Cahaya merambat dalam garis lurus. Bila cahaya terhalang sesuatu benda maka akan timbullah bayangan dari benda penghalang itu.

Jika sumber cahayanya lemah, seperti matahari pada hari berawan, bayangan tidak kentara. Ditempat teduh tidak ada bayang-bayang, karena tempat teduh sudah merupakan bayangan sebuah benda yang menghalangi sinar matahari. Kekuatan sinar menentukan tebal tipisnya bayangan benda itu, jarak sumber cahaya dan jarak benda terhadap benda tertimpa bayangannya menentukan panjang & pendeknya bayangan itu jika bayangan menimpa benda lain.

Sumber sinar matahari panjang bayangan benda ditentukan oleh sudut ketinggian sinar matahari sedangkan sumber cahaya yang lain ditentukan oleh jarak benda terhadap titik pusat sumber sinar.

Besar-kecil bayangan

Apabila suatu benda bergerak mendekati titik pusat cahaya, bayang-bayang benda tersebut akan membesar karena benda tersebut mendekati titik cahaya pada sumber cahaya itu, sehingga bayangan benda menjadi lebih besar.

Dan apabila benda menjauhi cahaya, bayang-bayang benda itupun menjadi kecil karena benda tersebut menjauhi titik sumber cahaya hal ini sesuai dengan sifat cahaya yang merambat merupakan garis lurus menyebar dari satu titik pusat cahaya, contoh sumber cahaya bola lampu, matahari dan masih banyak sumber cahaya lainnya.

2.2 El Gamma Panumbra

El Gamma Penumbra adalah kata Latin yang berarti "sinar cahaya di balik bayangan seorang pria." Ini adalah nama grup.  El Gamma Penumbra atau hanya El Gamma adalah kelompok tari teater yang menari di belakang layar dengan cahaya di belakang para penari, membuat bayangan indah dan kreatif di layar. Grup FiIipino ini tidak hanya memberikan bayangan secara acak tetapi mereka menceritakan sebuah kisah. Bayangan-bayangan ini mengikuti tema dan konsep ketika mereka menafsirkan lagu yang sejalan dengan tarian mereka.

El Gamma Penumbra beranggotakan 12 orang  terpilih untuk menjadi bagian dari kampanye pariwisata Filipina 'Pilih Filipina'. Karena kemampuan mereka untuk dapat menyampaikan pesan melalui tindakan bayangan mereka, mereka dipilih dengan harapan untuk memperkuat misi kampanye dalam mempromosikan Filipina.  Selama mereka tinggal di Asia Got Talentseason 1, empat hakim selalu berkomentar tentang pertunjukan yang dipenuhi pesan El Gamma Penumbra. Khususnya, hakim Indonesia Anggun menyebutkan: "Pekerjaan kami sebagai penghibur, jika Anda dapat meningkatkan kesadaran tentang isu-isu penting, seperti Ibu Alam dan hewan, yang akan membuat pekerjaan kami lebih mulia," setelah pertunjukan terakhir mereka di pertunjukan.  Setelah menang, NegrenseArtis Charlie Co mengutip El Gamma Penumbra sebagai kelompok yang menginspirasi orang di seluruh dunia untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat melalui bakat dan seni mereka. 

2.3  Analisis Isi

Bercerita Tentang Alam

Kelestarian alam berada di tangan kita

El Gamma Penumbra menyajikan gaya tarian yang menampilkan bayang-bayang mereka yang berbentuk berbagai macam benda. Melalui suguhan tersebut, mereka menyampaikan pesan bertema lingkungan.

Dari performa bayangan tersbut mereka tampak berubah bentuk menjadi binatang, mobil/ atau kemewan,  tubuhan  air, gedung pencakar langit, dan bagian tubuh manusia. Untuk pertama kalinya, anggota kelompok bermain bayangan Champion El Gamma Penumbra menunjukkan dengan tepat bagaimana keajaiban terjadi.

Bumi menjadi tempat tinggal berbagai makhluk hidup, baik manusia, tumbuhan, maupun hewan. Semua yang ada di dalamnya terlibat dalam satu rangkaian kehidupan, yang saling melengkapi satu dengan lainnya. Hubungan antar makhluk hidup yang harmonis, menjadikan alam tetap lestari.

Sampai suatu ketika, berbagai ancaman datang merusak alam. Perburuan hewan langka, penggudulan hutan, ekksploitasi sumber daya laut, pencemaran udara oleh kendaraan, sampai dengan persoalan sampah menjadi sumber ancaman. Manusia sering kali lupa, mereka hidup di alam yang sama, alam yang perlahan mereka rusak demi kepentingan pribadinya.

Semakin hari, kondisi alam semakin memprihatinkan. Bencana kerap datang menyapa. Kekeringan. Kebakaran hutan yang meresahkan . Banjir bandang yang seringkali datang menenggelamkan.

Alam perlu disayang, dijaga, dan dilestarikan, demi kelangsungan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Belum terlambat untuk menyelamatkan alam serta kehidupan di dalamnya. Bijak memperlakukan alam sangat diperlukan untuk bisa menjaga kelestariannya.

Mereka juga tampak mengingatkan kesadaran kita tentang betapa pentingnya sifat ibu dan hewan lebih dari sebelumnya. Mereka menampikan performa yang sangat keren sebagai penghibur , tetapi jika  kita dapat meningkatkan  kesadaran pada subjek -- subjek yang ditampilakan  disitu kita dapat mengambil point penting seperti penburan liar, gempa,  banjir, petir, kehidupan, dan pohon besar. Dari situ sangat terkesan dengan bagaimana mereka berhasil mengejutkan setiap penampilan, mengingat keterbatasan waktu.

 Menginspirasi penonton

Kelompok ini tidak berhenti dengan penampilan mereka yang menakjubkan, dan memberikannya semua selama tembakan terakhir mereka untuk menang dengan penghormatan kepada Mother Earth untuk lagu "Colours of the Wind" dari film Disney. 

Positioning Yourself

El Gamma Penumbra awalnya merupakan grup tari hip hop. Dan sebelum mengikuti Pilipinas Got Talent, mereka merubah  haluan menjadi shadow play -- bermain di belakang layar mengetengahkan gerakan-gerakan terkoordinasi. Dari sini saya melihat bagaimana mereka membaca peluang.

Persaingan dunia tari yang mengambil genre hip hop tidaklah sedikit, dan untuk berhasil, mereka harus membuat sesuatu yang benar-benar unik. Mereka kemudian mengambil positioning ulang diri mereka dan menjadi yang unik.

Saya melihat ada pembelajaran -- inspirasi dari El Gamma Penumbra terkait dunia hiburan , di Indonesia pada khususnya. Belakangan ini, dunia hiburan  Indonesia sendiri mulai ramai. Makin banyak hiburan  yang terjun di dunia ini. Artinya, semakin banyak "saingan" jika ingin dikenal.

Menyampaikan Pesan Yang Positif

Dalam setiap shadow play yang dimainkan oleh mereka, El Gamma Penumbra mengetengahkan sebuah nilai, sebuah pesan. Pesan yang positif. Lihat saja aksi mereka di final. Dengan latar lagu Colors of The Wind, Ost Film Pocahontas.

Membuat hal positif  yang menginsprasi  tentunya akan membawa  kita lebih mudah dikenali dibandingkan yang lain, salah satunya ya dengan mengambil masalah -- masalah yag sering kita alami.

BAB III

EPILOG

3.1 KESIMPULAN

Dengan demikain El Gamma Penumbra mengakui bahwa itu selalu menjadi tantangan untuk memikirkan konsep yang segar dan bermakna untuk pertunjukan mereka berikutnya dengan mengatakan: "Ini sangat sulit karena kami memiliki budaya yang berbeda dan kami harus menyentuh hati mereka. Jadi, kami memiliki untuk memikirkan konsep yang universal sehingga semua orang akan mengerti. " Selain itu, mereka juga berbakti dalam menunjukkan kinerja mereka dengan baik bahwa praktik mereka biasanya membuat mereka kurang tidur .

Semua ini telah benar-benar merevolusi hidup kita, tetapi kuncinya adalah memahami bahwa kebangkitan digital ini akan membuat dampak yang langgeng dalam pelatihan perusahaan hanya jika digunakan dan dicampur dengan baik tanpa mengabaikan tujuan utama.

DAFTAR PUSTAKA

 "EL GAMMA PENUMBRA | AGT7" . Asia's Got Talent . Diakses 25 Mei 2015 .

 Langsung  "El Gamma Penumbra hampir tidak berhasil mencapai Asia's Got Talent" . Philstar . Diakses 25 Mei 2015 .

 "Sebelum mereka juara: El Gamma melihat ke belakang" . Berita ABS-CBN . Diakses 25 Mei 2015 .

Dumaual, Mario. "PERHATIKAN: Penghormatan El Gamma Penumbra pada korban 'Yolanda ' " .Berita ABS-CBN . Diakses 25 Mei 2015 .

"El Gamma Menyentuh Penghormatan Untuk Ibu Alam | Asia Got Talent Grand Final 1". YouTube . Asia's Got Talent . Diakses 25 Mei 2015 .

"Grup Pinoy El Gamma Penumbra memenangkan juara pertama 'Asia's Got Talent ' " . CNN Philippines . Diakses 25 Mei 2015.