Mohon tunggu...
marsha fitria
marsha fitria Mohon Tunggu... this is the only way

berau berkilau

Selanjutnya

Tutup

Digital

Berau Siap dengan Konsep Kampung Digital?

26 Februari 2020   14:20 Diperbarui: 26 Februari 2020   14:19 6 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berau Siap dengan Konsep Kampung Digital?
Sumber: antaranews.com

Di era digital sekarang ini, pentingnya pemahaman tentang teknologi sangatlah penting agar dapat menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan segala kemajuan teknologi yang ada, mau tidak mau mendorong orang-orang untuk terus berinovasi dan berpikir kreatif. Termasuk warga yang hidup dan berkediaman di kampung.

Secara umum, kampung merupakan bagian penting dalam struktur pemetaan birokrasi pemerintahan. Terkhusus untuk pemerintahan daerah, kampung menjadi salah satu fokus yang hars terus diperhatikan perkembangannya. Baik dalam sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan bahkan infrastruktur dan kemajuan teknologi yang ada.

Mengingat zaman sekarang adalah era digital, maka segala sesuatu membutuhkan perangkat digital untuk beroperasi. Hal ini dilihat oleh Bupati Berau, Muharram sebagai salah satu fokus penting yang harus dikembangkan. Dalam fokus programnya untuk Pilkada Berau 2020, beliau merencanakan program bernama Kampung Digital Berau untuk Penguatan Ekonomi Berbasis Kampung atau disingkat KADIRA.

KADIRA dibuat untuk merespon adanya revolusi 4.0 dan era milenial yang mana membutuhkan fasilitas berupa internet dan jaringan yang kuat. Hal ini direncanakan untuk membangun adanya pengembangan ekonomi berbasis digital atau biasa disebut online shop yang bisa dilakukan oleh warga kampung Berau. Bentuk realisasi dari program ini adalah dengan membangun dan memasang jaringan wifi di tempat-tempat strategis dan utama di kampung seperti Balai Warga, Balai Desa dan lain-lain.

Diharapkan dengan adanya program ini, kampung-kampung di Berau siap menjadi Kampung Digital dengan segala infrastruktur dan sarana teknologi berbasis internet yang layak sehingga dapat menunjang perekonomian tiap kepala keluarga yang ingin memulai bisnis online. Dengan begitu, kampung-kampung yang ada di Berau menjadi kampung digital yang mampu mensejahterakan tiap kepala keluarga yang sekaligus menguatkan perekonomian daerah berbasis kampung.

VIDEO PILIHAN