Marsantoadi
Marsantoadi

Bersungguh-sungguhlah maka engkau akan berhasil, itulah motto hidup saya. dalam hal apapun insyaallah akan berusaha dengan semaksimal mungkin. ketika apa yang kita harapkan belum tercapai minimal pengalaman lah yang akan didapatkan.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi highlight

Inilah Beberapa Hasil Program Transformasi Kelembagaan

10 Maret 2017   17:05 Diperbarui: 10 Maret 2017   17:36 114 2 0
Inilah Beberapa Hasil Program Transformasi Kelembagaan
Sumber Foto: www.pajak.go.id

Robi masih termangu diruangannya teringat pembicaraannya dengan tika minggu lalu. waktu itu mereka ngobrol tentang transformasi kelembagaan kementerian keuangan. Robi, walaupun masih tercatat sebagai pegawai di kementerian tersebut, dengan lugu nya, dan memang lugu, mengaku tidak tahu bagaimana program transformasi kelembagaan tersebut.

Rupanya Robi masih memendam rasa penasaran dengan tika, maksudnya dengan program transformasi itu. dia fikir, trus apa sih yang sudah dikerjakan oleh kementerian keuangan selama ini. emang ada yang sudah menjadi produknya. segera Robi mengambil HP untuk tanya ke tika lewat pesan singkat.

Tik, emang lu tau apa aja hasil transformasi kelembagaan, koq aku masih gini-gini aja kagak ada perubahan rasanya. kirim Robi ke Tika.

emang sulit nih jelasin program ke anak kudet, pikir tika setelah menerima pesan dari Robi. terpaksa deh harus ngejelasin lagi.

Jadi gini Rob, program transformasi kelembagaan ini sudah banyak banget hasilnya. ini aku kasih tau sedikit aja ya. daripada capek ngetik di hape ntar kalau ketemu lagi aku jelasin semuanya.

Capaian program ini ada di beberapa eselon 1 yang ada di kementerian keuangan, ada di pajak, bea cukai, perbendaharaan, dan lain-lainnya. kita kasih contoh satu-satu aja ya, 

kring pajak

untuk di pajak nih misalnya ada peningkatan kapasitas agent call center. ini supaya masyarakat yang perlu informasi tentang perpajakan bisa telp di Kring Pajak dan dilayani dengan lancar. penambahan agent dari cuma 54 orang menjadi 120 orang. kasihan kan kalau orang telp harus nunggu antrian, kalau petugasnya banyak kan lebih lancar.

selain itu agent kring pajak ini juga diberi standarisasi alur interaksi sehingga jawaban agent ini sama, seragam tidak membingungkan  dan memberikan layanan yang profesional dan berkualitas. kemudian kring pajak ini juga ada fitur interactive voice respons, jadi penelpon dibagi menjadi kategori punya NPWP dan belum punya NPWP, ini bisa memberikan jawaban yang tepat untuk penelpon.

dwelling time

Nah kalau di bea cukai sekarang, disana ada peningkatan menjadi kantor modern. tujuannya adalah untuk menurunkan tingkat dwelling time. ingatkan beberapa waktu yang lalu ramai di berita karena pak presiden ingin waktu dwelling time ini bisa dipangkas, artinya pengeluaran barang dari pelabuhan bisa lebih cepat. yang dilakukan oleh bea cukai diantaranya dengan membuat piloting penyampaian dokumen pelengkap secara elektronik. kalau dulu orang datang bawa berkas, sekarang bisa kirim dengan elektronik.

Sumber Foto: jurnalmaritim.com
Sumber Foto: jurnalmaritim.com

kemudian bagi importir yang punya jalur prioritas lebih dimudahkan lagi dengan prenotification, ini artinya dokumen bisa dikirim walaupun barang belum sampai pelebuhan, jadi bisa lebih cepat layanannya kan. selain itu bea cukai juga menerapkan layanan 24/7 di kantor utama, berarti layanan tidak pernah ada kendala kantor sudah tutup.

hasil terobosan itu telah menurunkan dweliing time terutama di kantor tanjung priok yang ramai banget tuh, dari 7,91 di bulan Januari 2013 sekarang di awal 2017 sudah bisa menjadi 3,22 hari. ini tentunya langkah yang baik, walaupun akan ditingkatkan lagi jadi kira-kira 2 hari.

Modul Penerimaan Negara

Kalau di perbendaharaan juga ada capaiannya, yaitu dengan digunakannya modul penerimaan negara generasi 2 atau MPN G2. nah ini adalah sistem elektronik dalam pengelolaan negara yang memberikan kemudahan untuk masyarakat agar setoran pajak nya bisa dilakukan dengan mudah melalui internet banking, mobile banking, mesin edc, atau setor di teller bank. 

Sumber Foto: bankjatim.co.id
Sumber Foto: bankjatim.co.id

dengan sistem yang terintegrasi ini memberikan kemudahan, fleksibilitas, kecepatan dan keamanan untuk masyarakat. sebaliknya pemerintah juga mudah untuk memantau jumlah penerimaan negara secara online dan real time.

e-auction

kemudian ada lagi nih dari kantor lelang sekarang ada namanya E-auction. ini sangat bagus karena lelang dilakukan secara transparan dan efisien. peserta lelang nggak perlu datang, bisa memberikan penawaran lewat elektronik. bisa ikut walaupun di luar kota. hasilnya juga tetap optimal, karena penawaran tertinggi lah yang akan memenangkan lelang ini.

Sumber Foto: swensonlawfirm.com
Sumber Foto: swensonlawfirm.com

Simpel

setelah itu ada juga namanya aplikasi simpel. ini benar-benar simpel. untuk mengefisienkan proses pengadaan. sistem ini untuk pengadaan langsung yang dilakukan oleh kantor. pengadaan menjadi lebih transparan dan efisien. proses administrasi yang dilakukan secara elektronik membuat database pengadaan semakin baik. hal ini memudahkan auditor dalam melakukan pengawasan lelang yang sering adanya masalah itu.

Sumber Foto: instasupply.com
Sumber Foto: instasupply.com

Dah itu dulu deh, jelas tika berpanjang lebar. entah Robi bisa ngerti atau tidak....