Mohon tunggu...
marlo barcelona
marlo barcelona Mohon Tunggu... Guru - Mengajar, Mendidik, Melatih

Hal termuda dalam hidup adalah kenali diri sendiri, dan hal tersulit dalam hidup adalah menjadi apa yang diinginkan orang lain

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menyelami Makna Bulan Maria

1 Mei 2024   16:59 Diperbarui: 1 Mei 2024   17:02 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : Gua Maria Gereja Katolik St Paskalis, Jakarta Pusat

Bulan Mei telah tiba, menandakan dimulainya Bulan Maria, periode istimewa bagi umat Katolik  diseluruh dunia  untuk memperdalam devosi kepada Bunda Maria. Lebih dari sekadar tradisi, Bulan Maria merupakan momen untuk merenungkan peran penting Maria dalam sejarah keselamatan dan meneladani kasih serta pengabdiannya yang luar biasa. Dalam Ensiklik, 'The Month of May', menegaskan 'Bulan Mei adalah bulan di mana devosi umat beriman memberi penghormatan  kepada Bunda Maria'. Dan  juga menegaskan bahwa bulan Maria adalah kesempatan untuk penghormatan iman dan kasih yang diberikan umat Katolik kepada Sang Ratu Surga.

Ada beberapa poin menarik untuk menyelami makna Bulan Maria :

1. Sejarah dan Tradisi:

Akar devosi Bulan Maria dapat ditelusuri kembali ke abad pertengahan, di mana para biarawan dan umat beriman mulai mendedikasikan bulan Mei untuk menghormati Bunda Maria. Tradisi ini kemudian berkembang pesat dan diresmikan oleh Paus Pius VII pada tahun 1822.

Di Indonesia, Bulan Maria diwarnai dengan berbagai kegiatan religius, seperti doa rosario bersama, ziarah ke Gua Maria, adorasi Sakramen Maha Kudus, dan perayaan Ekaristi. Umat Katolik juga didorong untuk melakukan retret, pembacaan Kitab Suci, dan refleksi pribadi untuk memperkuat iman dan hubungan dengan Bunda Maria.


2. Makna Mendalam:

Bulan Maria bukan hanya tentang ritual dan tradisi, tetapi lebih dari itu, merupakan kesempatan untuk Merenungkan peran Maria: Kita diajak untuk merenungkan peran Maria sebagai Bunda Yesus, teladan iman, dan pengantara doa. Bunda Maria adalah figur penting dalam sejarah keselamatan dan model kasih sayang bagi umat manusia.

Meneladani kasih dan pengabdiannya: Bunda Maria menunjukkan cinta kasih yang luar biasa kepada putranya, Yesus, dan kepada seluruh umat manusia. Pengabdiannya yang tanpa pamrih dan ketaatannya kepada Allah menjadi inspirasi bagi Umat katolik di seluruh dunia.

Mencari pertolongan dan penghiburan: Bunda Maria dikenal sebagai pelindung dan penghibur bagi umat beriman. Bulan Maria menjadi waktu yang tepat untuk memohon bantuan dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan hidup.

3. Dampak Positif: Bulan Maria membawa banyak dampak positif bagi umat Katolik, di antaranya: Peningkatan iman dan devosi: Devosi kepada Bunda Maria membantu memperdalam iman dan memperkuat hubungan dengan Allah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun