Mohon tunggu...
Marlinda Septianggraeni
Marlinda Septianggraeni Mohon Tunggu... Guru - guru

guru TK IT Nuurul Ilmi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Kooperatif Memasangkan Kartu Kata dan Gambar pada Anak Usia Dini

6 Desember 2022   23:34 Diperbarui: 7 Desember 2022   00:55 358
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada anak usia dini bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain, meliputi daya cipta dan sistem aturan, dengan daya cipta tersebut dapat menciptakan berbagai macam kalimat yang bermakna untuk mengkomunikasikan maksud, tujuan, pemikiran maupun perasaannya pada orang lain. 

pengertian Bahasa untuk AUD

Perkembangan bahasa sebagai salah satu dari kemampuan dasar yang harus dimiliki anak yang terdiri dari beberapa tahapan sesuai dengan usia dan karakteristik perkembangannya.                                      

Kreativitas berbahasa anak meliputi kemampuan berkomunikasi secara efektif, mendengarkan, berbicara, menulis, dan membaca. Dalam aspek pengembangan bahasa pada keterampilan membaca mempunyai kompetensi dasar yaitu anak mampu membaca gambar, menyebutkan symbol-simbol huruf vocal dan konsonan yang dikenal dilingkungan sekitar, membaca gambar yang dimiliki kata/kalimat sederhana, mengenal simbol-simbol yang melambangkannya untuk persiapan membaca dan menulis.

Aspek -- aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini adalah aspek motorik, bahasa, sosial emosional, kognitif, nilai moral dan agama. Dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini yang sesuai dengan aspek perkembangan, dianjurkan memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. metode pembelajaran yang dapat menstimulasi aspek perkembangan anak secara simultan untuk semua aspek perkembangan anak adalah dengan pembelajaran tematik.

 Semua kegiatannya melibatkan pengalaman langsung bagi anak-anak serta memberikan berbagai informasi atau pemahaman tentang lingkungan sekitar anak. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada anak didik untuk mengembangkan keterampilan lebih lanjut seperti mengendalikan kemampuan motorik halus, mengobservasi, membandingkan, menyimpulkan, mengingat, menghitung, bermain peran serta mengeksplorasi gagasan. Diantara metode pembelajaran yang dapat membantu anak mengembangkan semua pikirannya secara holistik dalam kegiatan belajar, dan sesuai dengan perkembangan anak diantaranya, yaitu Metode bermain.

melalui metode bermain anak dapat mengekspresikan diri dan memperluas kreativitasnya.

melalui permainan kooperatif dapat meningkatkan aspek perkembangan anak salah satunya adalah perkembangan bahasa dalam membaca permulaan.

Pengertian Pemainan Kooperatif

pengertian permainan kooperatif mendasarkan pada suatu ide bahwa siswa bekerja sama dalam belajar kelompok yang heterogen dan sekaligus masing-masing bertanggung jawab pada aktifitas belajar anggota kelompoknya, sehingga seluruh anggota kelompoknya dapat menguasai materi pelajaran dengan baik.                                                         

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun