Mohon tunggu...
Marius Gunawan
Marius Gunawan Mohon Tunggu... Konsultan

Tulisan sebagai keber-ada-an diri dan ekspresi hati

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Jurdil 2019 Lembaga Survei Pemasok Data Kemenangan Prabowo?

20 April 2019   19:42 Diperbarui: 21 April 2019   07:21 0 2 2 Mohon Tunggu...
Jurdil 2019 Lembaga Survei Pemasok Data Kemenangan Prabowo?
Sumber gambar: jurdil2019.org

Pilpres sudah usai. Namun persoalannya masih berlanjut. Terutama menyangkut siapa yang memenangkan kontestasi ini.

Jokowi yakin menang karena berpegang pada hasil quick count survei 12 lembaga. Namun Prabowo pun sangat yakin dirinyalah, "Presiden yang akan dan sudah terpilih" berdasarkan hasil survei internal.

Kalau data yang dipegang oleh Jokowi jelas nama lembaga - lembaga yang mengeluarkan data kemenangannya. Hal yang menjadi persoalan adalah apa lembaga yang melakukan "survei internal" Prabowo. Sampai saat ini belum dibuka oleh tim Prabowo.

Wartawan CNN coba menyelusuri siapa lembaga yang dipakai oleh Prabowo untuk mendapatkan angka kemenangannya itu. 

Dari pencarian itu akhirnya didapatlah satu lembaga survei Jurdil 2019. Dari data yang mereka unggah dalam websitenya, jika lembaga survei lain memenangkan Jokowi, maka lembaga ini mengatakan Prabowo lah yang menang. 

Lembaga ini terdaftar di Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu, tapi bukan bagian dari 40 lembaga yang terdaftar di KPU yang boleh melakukan dan mempublikasikan hasil survei quick count mereka.

Penulis pun coba masuk ke website Jurdil 2019. Mereka mencantumkan didashboardnya sebagai Pemilu Jujur dan Adil 2019, Real Count 2019.

Didalam website itu ada grafis sebagai berikut:

Sumber gambar: jurdil2019.org
Sumber gambar: jurdil2019.org
Nampak dalam data itu mereka sudah menghitung 4463 TPS dari 34 Propinsi. Dari grafis nampaknya Prabowo masing unggul 60,3% sedangkan Jokowi hanya meraih 37,8 %.

Lembaga yang dinahkodai alumni ITB 1973 ini mengklaim memiliki 6000 relawan.

Hal yang juga menarik adalah hasil dari beberapa propinsi yang mereka kategorikan mempunyai populasi terpadat.

 Ada 8 propinsi yang mereka nampak kan perhitungannya yakni: Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan.

Untuk Jawa Timur, jika lembaga survei lain mengatakan bahwa Jokowi menang di sana, pada saat diakses nampaknya masih dikuasai oleh Prabowo.

Sumber gambar: jurdil2019.org
Sumber gambar: jurdil2019.org
Kemungkinan data inilah yang dikutip oleh Amin Rais yang mengatakan bahwa Jawa timur dimenangkan oleh Prabowo.

Website ini hanya menampilkan gambar grafis hasil. Tidak ada data dari propinsi mana saja, berapa angkanya dan berapa TPS sudah diinput dalam website itu. 

Hal ini menyulitkan kan kita untuk melihat data yang lebih detil.

Memang, proses perhitungan masih berlanjut, tapi jika melihat angka prosentase yang mereka tampilkan, nampaknya sesuai dengan angka - angka yang telah dikutip oleh kubu Prabowo.

Dengan melihat hal tersebut maka patut diduga lembaga inilah salah satu sumber data yang dipakai Prabowo.

Kita lihat saja, apakah angka - angka itu akan berubah sehingga menyamai angka prediksi lembaga survei quick count di mana Jokowi yang menang, atau hasil mereka akan tetap memenangkan Prabowo.***MG