Marius Gunawan
Marius Gunawan Konsultan

Tulisan sebagai keber-ada-an diri dan ekspresi hati

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Menjaga Kewarasan Ala Slank

15 Maret 2019   22:50 Diperbarui: 15 Maret 2019   22:53 217 2 0
Menjaga Kewarasan Ala Slank
lagu-slank-bce03c0a9056b01a4881cdccee26cd9e-600x400-5c8bc8be0b531c20c942b286.jpg

Sumber gambar: idntime.com

Siapa yang tidak kenal Slank dengan pengagum fanatiknya Slankers. Grup musik cadas yang masih bisa bertahan dengan gempuran dan silih berganti nya grup musik yang lebih muda.

Baru - baru ini personal Slank mengumumkan bahwa mereka (kembali) mendukung Jokowi. Ya pada Pilpres sebelumnya juga mereka sudah berada di belakang Jokowi.

Dalam rangka mendukung Jokowi, mereka bersama 106 musisi dan artis telah mengeluarkan singel khusus untuk dukungan mereka pada capres 01 ini.

Alasan mengapa Slank mendukung kembali Jokowi dengan jelas dan cadas mereka katakan, "untuk tetap menjaga Kewarasan".

Suatu alasan yang punya pesan sangat kuat. Pemilu kali ini memang sangat krusial dan penting. 

Dengan melihat dinamika yang ada, sangat jelas bahwa peristiwa demokrasi ini sungguh bagai sedang berada di satu simpang jalan.

Jika salah memilih jalan maka konsekuensi nya sangat lah besar. Dan jelas tidak ada langkah mundur untuk mengubah situasi. 

Mungkin karena kandidat nya hanya dua maka situasi yang memanas nampaknya gampang terjadi.

Dukungan dari para musisi, terutama Slank tentu menambah energi untuk mencapai kemenangan bagi calon petahana. Terutama bagi para pemilih milenial. Setiap musisi dan artis pasti juga membawa gerbong penggemar mereka 

Kembali pada alasan yang diberikan. Dengan sangat maraknya fitnah, hoax dan kampanye hitam maka ada kesan bahwa kampanye yang dilakukan sering menggunakan narasi dan kata yang irasional. 

Bahkan muncul juga kesimpulan, kontestasi kali  ini menggunakan segala cara untuk meraih kemenangan. Demi kemenangan itu, taktik dan strategi kotor pun nampaknya ditolerir untuk dilakukan.

Dalam hal ini, menjaga kewarasan berarti melihat pesta demokrasi ini sesuai dengan peran dan maksudnya. Dalam rangka ini, cara - cara tidak fair dan mengabaikan etika dan akal sehat memang harus dihindarkan..

Kewarasan juga berarti bahwa secara jantan dan sportif menerima kemenangan dan kekalahan sebagai hal yang wajar dalam suatu kontestasi politik. Proses ini hanyalah alat untuk bisa mencapai kesejahteraan bersama.

Dengan demikian diharapkan, yang menang nanti tidak menepuk dada berlebihan, dan yang kalah mau berlapang dada menerima. 

Begitu usai pertandingan, kembali saling merangkul dan bergandeng tangan untuk sama - sama membangun bangsa ini dengan peran masing - masing yang saling melengkapi.

Ya, tekad Slank seharusnya juga adalah tekad kita semua. Kewarasan adalah kunci untuk mencapai kesejahteraan bersama bagi bangsa ini.***MG