Mario Butar
Mario Butar

Jangan Berhayal, Raih Mimpi Jadilah Kreatif dan inovatif sesuai tantangan jaman

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Artificial Intelligence, Sebuah Pendapat

12 Maret 2018   14:11 Diperbarui: 12 Maret 2018   14:29 928 0 0

Pesatnya perkembangan teknologi membuat manusia berinovasi terhadap teknologi itu sendiri. Bukan tanpa sebab, perkembangan yang teknologi yang semakin canggih itu kiranya juga memberi peluang kemudahan serta manfaat yang baik bagi kehidupan manusia. Fungsi yang diciptakan pun dari kemajuan tersebut bermacam-macam.

Inovasi yang beragam memunculkan teknologi yang beragam pula bagi perkembangan zaman sesuai dengan kebutuhannya. Salah satunya adalah Kecerdasan buatan atau yang sering disebut Artificial Intelligence. Apa itu kecerdasan buatan?? Dan apa pentingnya bagi kehidupan manusia??

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence : Sebuah Keniscayaan

Istilah kecerdasan buatan sebenarnya berasal dari bahasa Inggris: "Artificial Intelligence". Jika diartikan tiap kata, artificial artinya buatan, sedangkan intelligence adalah kata sifat yang berarti cerdas. Jadi artificial intelligence maksudnya adalah sesuatu buatan atau suatu tiruan yang cerdas. Cerdas di sini kemungkinan maksudnya adalah kepandaian atau ketajaman dalam berpikir, seperti halnya otak manusia dalam menyelesaikan suatu masalah.

Secara awam kecerdasan buatan diterjemahkan sebagai sebuah sistem saraf, atau sensor atau otak yang diciptakan oleh sebuah mesin. Sebenarnya kecerdasan buatan merujuk kepada mesin yang mampu untuk berpikir, menimbang tindakan yang akan diambil, dan mampu mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh manusia.  

Kecerdasan Buatan ini diharapkan menggantikan manusia didalam melakukan beberapa tugasnya dan mungkin juga dengan teknologi ini dapat memberi solusi (pemecahan masalah) terhadap kesulitan yang dimiliki manusia. Dengan perkembangan teknologi yang pesat ini maka tidak mungkin kecerdasan Buatan ini tidak dapat terealisasi. Hanya tinggal menunggu waktu saja agar para peneliti menemukan dan melakukan inovasi.

Seperti kita ketahui, niscaya kecerdasaan buatan ini agar segera terwujud dengan mengkombinasikan beberapa teknologi yang sudah ada. Ya misalnya saja, "Perintah Suara" yang digunakan oleh Google dikombinasikan mesin Pencari google lalu Mesin Pencari tersebut memilih dan memilah apa  yang menjadi Perintah Suara  tersebut dan semuanya itu digabungkan melalui sebuah aplikasi.

KECERDASAN BUATAN VS KECERDASAN MANUSIA???

Ketika kecerdasan Buatan ini ditemukan apakah kecerdasan manusia diperlukan?? karena biasa saja lebih canggih dan pintar kecerdasan yang dibuat dikarenakan informasi yang dimasukkan ke dalam Kecerdasan Buatan ini lebih banyak dan mungkin bisa lebih detail lagi.  

Ah, sudahlah. Semoga Kecerdasan Buatan atau  Artificial Intelligence ini bisa membantu kehidupan manusia.