Mohon tunggu...
Mario Amarya
Mario Amarya Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Saya hobi menulis dan saat ini sedang mencari pekerjaan tetap yang berhubungin dengan menulis dan menerjemahkan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

3 Hal yang Selalu Identik Dengan Natal

4 Desember 2023   08:18 Diperbarui: 4 Desember 2023   08:30 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Natal. Sumber: Istockphoto (July Ko)

Natal memang selalu menjadi sebuah peristiwa dan hari raya Umat Kristiani yang paling dinantikan setiap tahunnya. Ada yang memanfaatkan momen 

Natal dengan berkumpul bersama keluarga, mengadakan kegiatan ibadah bersama dengan teman-teman pemuda gereja, melakukan aktivitas memasang pernak-pernik natal, hingga berwisata bersama. 

Semua kegiatan tersebut sangatlah seru dan selalu menghadirkan kesenangan serta kegembiraan tersendiri saat Natal tiba. Natal juga sangat identik dengan beberapa hal yang hanya muncul saat natal, bahkan ada pula mitos atau legenda yang selalu dipercaya saat Natal tiba. Nah, berikut ini 3 hal yang selalu identik dengan Natal.

1. Santa Claus

Santa Claus, sosok yang menjadi legenda saat Natal. Sumber: Istockphoto (D-Keine)
Santa Claus, sosok yang menjadi legenda saat Natal. Sumber: Istockphoto (D-Keine)
Percaya atau tidak, sosok yang satu ini memang selalu menjadi mitos dan legenda saat Natal tiba. Santa Claus a.k.a Sinterklas adalah sosok pria berbaju serba merah dan berjanggut yang selalu datang bersama dengan kereta rusanya. Di film-film Santa Claus selalu membawa hadiah untuk anak-anak yang merindukan Natal dan selalu berperilaku baik. 

Dilansir dari Kompas, Santa Claus diceritakan diprcaya merupakan seorang biarawan yang bernama St. Nicholas yang berasal dari Myria, Turki, pada tahun 280 Sebelum Masehi. Dia memang dikenal sebagai anak yang sangat religius dan mengabdikan diri sepenuhnya sebagai orang Kristen. 

Di beberapa negara Eropa, dia digambarkan sebagai seorang uskup yang berjanggut putih serta memakai jubah resmi. Dan semasa hidupnya, St. Nicholas selalu memberikan hadiah dan memberikan seluruh kekayaannya kepada orang miskin dan kurang mampu. 

Dan karena kebaikannya itulah, St. Nicholas dijuluki sebagai Santo Pelindung, bagi orang-orang yang membutuhkan, termasuk anak-anak. St. Nicholas wafat pada tahun 343 SM, dan setelah beberapa abad kisah legendarisnya terus berkembang hingga dia menjadi tokoh Santa Claus seperti yang dikenal dan dipercaya sekarang ini. Dan mungkin jika banyak orang Kristen ditanya soal apa yang identik dengan Natal, pasti banyak yang menjawab Santa Claus sebagai salah satu jawaban utamanya. 

Di perayaan Natal, banyak pula pria yang selalu cosplay Santa Claus untuk menghibur anak-anak dan juga digunakan untuk tampil di acara-acara Natal tertentu. Jika di film-film fiksi Natal, Santa Claus selalu datang saat malam hari bersama dengan kereta rusa dengan melemparkan hadiah di depan rumah. 

2. Pohon Natal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun