Mohon tunggu...
Mario Amarya
Mario Amarya Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Saya hobi menulis dan saat ini sedang mencari pekerjaan tetap yang berhubungin dengan menulis dan menerjemahkan.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Oppenheimer: Movie of The Year!

13 November 2023   08:53 Diperbarui: 13 November 2023   09:38 457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster film Oppenheimer. Sumber: The Movie Database (mrgalser)

Karya dari seorang Christopher Nolan memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak film yang disutradarainya yang sukses dan laris di bioskop dan dikenal di seluruh dunia. Dan film-film Nolan yang yang bagus dan sukses diantaranya adalah Batman Trilogi, Tenet, Dunkirk, dan Interstellar. Dan yang terbaru, adalah film biografi yang rilis tahun 2023, Oppenheimer. Film ini sebelum dirilis dan bahkan sebelum muncul trailernya saja sudah membuat heboh publik. 

Dimulai dari para cast yang dipilih, hingga siapa yang menjadi sutradara dari film Oppenheimer. Dan setelah filmnya dirilis, banyak pujian dari kritikus dan juga para penonton. 

Tak tanggung-tanggung memang, karena Oppenheimer ini durasinya juga sangat lama, 3 jam. Namun, durasi tersebut tidak membuat penonton bosan dan dirasa sangat puas sekali. Dan saya rasa serta mungkin banyak yang setuju, jika Oppnheimer layak disebut sebagai Movie of The Year.

Bertabur bintang papan atas

Christopher Nolan dan jajaran cast film Oppenheimer. Sumber: getty images (Gareth Cattermole)
Christopher Nolan dan jajaran cast film Oppenheimer. Sumber: getty images (Gareth Cattermole)
Seperti yang sudah saya katakan di awal, film ini sebelum perilisan memang sudah membuat heboh khalayak umum dan dunia. Dari segi pemilihan cast dan juga pemilihan sutradara, sudah banyak yang memprediksi bahwa Oppenheimer akan menjadi film yang terbaik dan fantastis di tahun 2023. 

Jajaran pemeran Oppenheimer adalah Cillian Murphy (Oppenheimer), Robert Downey Jr. (Lewis Strauss), Matt Damon (Leslie Groves), Florence Pugh (Jean Tatlock), Kenneth Branagh (Niels Bohr), Emily Blunt (Kitty Oppenheimer), hingga Tom Conti (Albert Einstein). Semua cast tersebut adalah bintang papan atas, dan sukses dalam memerankan karakter masing-masing. Cillian Murphy juga sukses dalam membawakan karakter dari 'bapak bom atom' tersebut.

Menggunakan efek khusus saat adegan bom dan pencampuran warna film yang menakjubkan

Christopher Nolan, sutradara film Oppenheimer. Sumber: getty images (JULIEN DE ROSA)
Christopher Nolan, sutradara film Oppenheimer. Sumber: getty images (JULIEN DE ROSA)
Christopher Nolan memang dikenal sebagai sutradara yang tidak pernah memakai CGI dalam semua filmnya. Jadi, dia membuat semua adegan tersebut murni dan nyata. 

Dan di film Oppenheimer ini, Nolan mengaku bahwa dia menggunakan efek khusus saat adegan bom tersebut tercipta. Jadi, di film Oppenheimer adegan bom tersebut terlihat seperti adegan bom sungguhan. Tak hanya itu saja, yang menarik dan membuat kagum dari film ini adalah perpaduan dan pencampuran warna hitam putih dan full color pada screen layar film. 

Saat adegan awal, film ini berwarna cerah dan kemudian berganti menjadi warna hitam putih. Dan perpaduan warna terebut silih berganti hingga menjelang akhir film. Ini sangat membuat kagum dan mengundang banyak apresiasi. Karena jarang sekali ada film biografi yang mencampurkan dan menggabungkan warna hitam putih dan full color.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun