Mohon tunggu...
S. Marindra
S. Marindra Mohon Tunggu... Guru

Pendidik dan Pegiat Literasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sudahkah Anak-anak Kita Belajar Hari Ini?

2 Mei 2020   17:33 Diperbarui: 2 Mei 2020   17:31 81 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudahkah Anak-anak Kita Belajar Hari Ini?
Dok. pribadi

Bapak, ibu, dan wali murid di mana pun anda berada saat membaca tulisan ini, saya ingin memulai bahwa pendidikan sebenarnya tidak dibatasi oleh tempat yang bernama sekolah saja. Begitu pula dengan defenisi guru. Guru bukan cuma mereka yang sering berdiri di depan kelas, Bapak/Ibu. Seperti yang diungkapkan Ki Hajar Dewantara beberapa puluh tahun yang lalu: Semua tempat sekolah, semua orang guru. Akan tetapi, hal tersebut tidak begitu dipahami oleh masyarakat kita secara umum. Maka untuk lebih menyederhanakan, kita bagi saja pendidikan ke dalam beberapa jenis yakni pendidikan dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Bapak, ibu, dan wali murid kebanggaan anak-anak. Beberapa bulan belakangan ini, hampir semua aspek kehidupan menjadi terganggu akibat dari musibah berupa pandemi Covid-19. Semua sekolah pun diliburkan dan diubah konsepnya menjadi home learning. Hal tersebut serta merta menjadikan pendidikan sekolah tidak lagi mutlak menjadi tanggung jawab guru di sekolah semata. Konsep yang satu ini menuntut kerjasama dari bapak dan ibu semua. Sebab, home learning ini hanya akan berhasil jika orang tua juga ikut aktif dalam mengawal proses pembelajaran anak-anaknya.

Sudahkah anak-anak kita belajar hari ini?

Pertanyaan sederhana ini semoga selalu hadir di benak bapak/ibu saat petang sudah menjelang. Barangkali dengan pertanyaan tersebut, bisa menjadi pengingat tentang bagaimana anak menjalani kegiatannya hari ini. Sudah belajarkah atau belum? Pertanyaan itu juga bukan semata-mata untuk orang tua murid tapi seharusnya juga diberikan kepada bapak/ibu gurunya.

Semua kita, saya yakin telah dan akan mengupayakan yang terbaik. Tapi, selalu saja muncul sesuatu yang tidak sesuai harapan, bukan? Jika anda orang tua, bisa saja anak-anak tidak mengindahkan perkataan anda. Jika anda guru, barangkali whatsapp anda hanya dibaca tapi anak-anak tidak mengikuti instruksi anda. Lalu apa yang harus dilakukan? Mungkin kita harus mengingat pula bahwa: semua orang adalah murid.

Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga wabah ini segera berakhir.

VIDEO PILIHAN