Mohon tunggu...
Marifatul Hidayah
Marifatul Hidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bismillah

Ma'rifatul Hidayah

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Kerja

7 Oktober 2021   11:00 Diperbarui: 7 Oktober 2021   11:10 248 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                                                                      

Lingkungan kerja adalah lingkungan yang ada di dalam perusahaan. Lingkungan kerja berperan penting dalam meningkatkan semangat dan motivasi para pekerja, karena adanya lingkungan kerja yang baik, maka para pekerja akan nyaman dan betah di tempat kerja tersebut dan akan lebih semangat lagi dalam melaksanakan pekerjaan, tetapi jika kondisi lingkungan kerja yang kurang baik dan tidak nyaman, maka para pekerja akan tidak semangat dalam bekerja, karena lingkungan kerja yang baik dapat timbul dari semua pekerja yang bekerja di suatu perusahaan tersebut.

Terciptanya lingkungan kerja yang baik tergantung pada pekerja yang merawat lingkungan tersebut, jika hubungan antar pekerja itu tidak baik, maka akan timbul lingkungan kerja yang tidak baik dan tidak nyaman bagi pekerja, sehingga akan mengakibatkan tidak kenyamanan pekerja dalam melakukan pekerjaan, sehingga pekerja kurang maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan, oleh karena itu perlu seorang pekerja dan atasan menjalin hubungan baik dengan pekerja lainnya, agar terciptanya suatu lingkungan kerja yang aman, damai dan nyaman, sehingga dengan adanya lingkungan yang baik maka para pekerja akan semakin terdorong untuk semangat dalam bekerja, sehingga mereka lebih percaya diri lagi dengan membuat hasil pekerjaan mereka lebih maksimal.

Dalam dunia kerja fasilitas kerja juga berpengaruh sangat penting dalam meningkatkan semangat dan motivasi pekerja, jika didalam perusahaan tidak disediakan fasilitas yang memadai atau memenuhi, maka otomatis seorang pekerja tidak akan nyaman dalam bekerja apalagi kalau kondisi lingkungan kerja juga kurang baik, maka karyawan akan bosan dalam bekerja, nah sifat bosan itu akan mengurangi semangat dan motivasi pekerja untuk melaksanakan pekerjaan, oleh karena itu setiap perusahaan harus memiliki fasilitas yang memadai dan memenuhi, dengan fasilitas itu pekerja akan lebih nyaman, tenang dan mereka akan terdorong untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dengan semangat kerja keras dengan hasil yang memuaskan.

Terkadang ada juga sebuah perusahaan memberikan sebuah reward bagi pekerja yang bekerja dengan disiplin, bersungguh-sungguh dan bekerja dengan maksimal, dengan adanya reward tersebut seorang pekerja akan termotivasi untuk giat lagi dalam melakukan suatu pekerjaan, sehingga mereka bisa percaya diri dalam melakukan pekerjaan dengan maksimal, walaupun tujuan mereka untuk bisa mendapatkan suatu reward tersebut, tetapi dengan adanya hal itu semua seorang pekerja bisa memaksimalkan semua pekerjaanya dengan sebaik mungkin. Biasanya reward yang di diberikan yaitu seperti bonus uang, gaji bulanan yang naik, voucher liburan, voucher belanja, voucher makan dan lain-lain. Oleh karena itu adanya penerapan sistem seperti itu akan membuat pekerja lebih bertanggung jawab dan percaya diri dalam melakukan pekerjaan dengan maksimal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan