Mohon tunggu...
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Mohon Tunggu... Human Resources - Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di mariatanjung81@gmail.com

Saya tinggal di Surabaya. Pemilik 4 blog aktif Pembaca bisa mengunjungi blog saya di www.mariatanjungmenulis.xyz , www.curhatanku.com , www.mariatanjung.com dan www.keliling.my.id

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Perlukah Membuat Resolusi Tahun Baru dan Target Dalam Hidup

17 Januari 2022   12:44 Diperbarui: 17 Januari 2022   19:00 245 25 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi resolusi 2022. Sumber: Pexels/Towfiqu barbhuiya via Kompas.com

Mumpung masih bulan Januari di awal tahun 2022, masih hangat-hangatnya nih jadi saya ingin membahas mengenai perlukah membuat resolusi tahun baru serta target hidup bagi tiap individu. Semua memang kembali kepada keinginan masing-masing ya gaes, jadi sifatnya tidak ada paksaan.

Pada artikel kali ini saya sebenarnya ingin menulis hasil pembicaraan dengan seorang teman. Waktu itu kami sedang mengobrol santai di akhir tahun 2021. "Tidak terasa sudah mau tahun 2022 aja ya Mar," kata teman saya waktu kami mulai membuka percakapan.

Lantas saya bertanya padanya, "Gimana, kamu punya resolusi apa tahun 2022 ini? Kira-kira targetmu di 2021 yang belum tercapai apa saja?".

Namun rupanya teman saya tidak memiliki resolusi apapun setiap malam pergantian tahun. Bagi dia hidup ini harus dijalani sesantai mungkin bagai air yang mengalir. Tanpa target dan biarkan Tuhan yang mengatur segala sesuatunya.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan perkataan teman saya bahwa dia membiarkan hidup itu mengalir tanpa target dan rencana apapun. Kalaupun ada, mungkin rencana sederhana yang pernah dia ceritakan, yaitu rencana ingin berlibur bersama anak-anak dan suami. Ya bagaimanapun itu sebuah rencana dan kalau bisa jadi target yang harus direalisasikan tahun 2022 ini.

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Target memiliki arti sasaran yang telah ditetapkan untuk dicapai. Menurut saya pribadi, target merupakan sasaran yang telah kita tetapkan untuk kurun waktu tertentu dan mencapainya diperlukan strategi serta usaha.

Sebagai contoh, teman saya memiliki keinginan tahun 2022 dia dapat berlibur bersama suami dan kedua anaknya. Bagi saya keinginan teman itu adalah target, bisa jadi target yang harus dicapai karena sudah hampir 2 tahun mereka tidak pernah berlibur ke luar kota. Lho kok maksa? 

Sebenarnya bukan maksa, namun ibarat memberi penghargaan kepada diri sendiri yang sudah bekerja keras selama kurang lebih dua tahun dan dapat melewati pandemi dengan penuh keikhlasan.

Untuk mencapai target bisa liburan, maka teman saya harus melakukan hal berikut:

  • Menabung
  • Menentukan rencana kota tujuan untuk liburan
  • Menyusun list apa saja yang harus dipersiapkan dan dibawa ketika liburan
  • Menyiapkan itinerary perjalanan liburan

Sumber Gambar:Pixabay
Sumber Gambar:Pixabay

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan