Mohon tunggu...
Maria Soraya Az Zahra
Maria Soraya Az Zahra Mohon Tunggu...

Spesialis Transkriptor Verbatim | Blogger di www.mariasoraya.com

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Ada Apa di Sentra PAUD Kemendikbud?

15 Januari 2018   10:45 Diperbarui: 15 Januari 2018   11:15 0 1 0 Mohon Tunggu...
Ada Apa di Sentra PAUD Kemendikbud?
dokpri

Siapa bilang tempat bermain anak yang bagus harus selalu mahal ? Di Jakarta, banyak lho tempat bermain anak yang bagus dan free entry. Salah satunya ada di Sentra PAUD, yang berada di dalam kompleks gedung  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Senayan.  

Mamah Papah millenial pastinya tahu Ratu Plaza dan FX Mall Senayan dong. Nah, gedung Kemendikbud ini lokasinya diapit oleh 2 mall yang ngetop pada jamannya itu.

 Dijamin enggak nyasar karena gedung Kemendikbud lokasinya di pinggir jalan. Bagi yang naik Transjakarta dari arah Blok M bisa turun di Halte Ratu Plaza. Lalu, berjalan menuju gedung Kemendikbud. Dari gerbang masuk pertama tinggal berjalan lurus ke Gedung E yang berada di belakang gedung utama.  Sentra PAUD ada di lantai 7.

Begitu tiba di lantai 7, laporan dulu ke Pak Satpam atau Petugas yang berjaga di meja dekat lift. Lalu, lepas sepatu dan taruh di rak sepatu yang disediakan di samping ruangan. Selanjutnya, isi buku tamu dan segala macam gembolan ala disimpan dulu di dalam loker.

Ruangan Sentra PAUD ini memiliki mainan yang cukup komplit. Jangan dibayangin ada ayunan, perosotan dan sejenisnya ya. Mainan yang saya maksud ini yang mengasah keterampilan tangan, imajinasi anak (role play) dan kreativitas. Asyiknya, anak Anda enggak hanya ketemu mainan modern, tapi ada juga mainan tradisional seperti kendang, kuda lumping dan ketimpung.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Tempat pertama yang menarik perhatian Mada adalah sebuah mobil polisi kecil yang ada di depan televisi. Dia langsung naik dan muterin sebagian ruangan. Enggak lama kemudian, Mada pindah ke barisan rak yang ada di sebelah kiri dari pintu masuk. Dia mengambil beberapa mobilan kecil dari kayu berbagai warna dan memindahkannya ke atas sofa putih. Selesai main dengan mobilan, Mada sempat nanya "Itu gerobak apa Bu ?"

"Gerobak siomay. Mada mau bikinin Ibu ?"

"MAUUUU !!!"

"Eitsss, mobilan kecilnya rapihin dulu ya. " ingat saya. Mada langsung merapihkan mainannya. Selanjutnya, tiap kali Mada selesai dengan mainan yang satu trus ganti mainan yang lain, dia dengan sendirinya merapikan tanpa diingatkan lagi. Kecuali, untuk beberapa mainan yang pas dipegang agak berat, saya bantu merapikan.

Area rak permainan dibagi menjadi 2, yaitu untuk usia 0 hingga 4 tahun dan usia 4 tahun hingga 6 tahun. Untuk anak di bawah 4 tahun, terdapat mainan kuda lumping, berbagai mainan kayu, buku cerita dan sebagainya.

Di rak untuk usia 4 tahun ke atas, isinya lebih beragam.  Ada mainan boneka bayi, satu set perlengkapan dokter, aneka balok busa, lego klasik, satu set alat memasak, aneka puzzle kayu, satu set pakaian role play dan permainan-permainan ala anak PAUD. Buat anak-anak yang suka bemain  puzzle, boleh dibilang koleksi puzzle Sentra PAUD sangat komplit dan dalam kondisi bagus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN