Mohon tunggu...
M. Hamse
M. Hamse Mohon Tunggu... Guru - Hobi Menulis

Hobi Menulis

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Menanam Harapan Hari Esok

18 Februari 2024   07:41 Diperbarui: 18 Februari 2024   07:49 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pohon Bayam Usia Satu Tahun | Dok Pribadi

Jembrana - Penebangan kayu di hutan lindung Banjar Sari Kuning, Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, belakangan marak terjadi. Warga resah karena aparat terkait dinilai tutup mata dengan penebangan tersebut. Pelakunya diduga dari desa tetangga (Budiasteawan, I Putu Adi. 2023. "Penebangan Liar Di Hutan Sari Kuning Jembrana Resahkan Warga", detik.com. Akses 13 Februari 2024).

Kutipan informasi tersebut hanyalah salah satu dari sekian banyaknya kasus illegal logging di Indonesia. Aktivitas eksploitasi hutan ini sepertinya menjamur di masyarakat. Hutan dianggap aset yang peru dieruk untuk kepentingan pribadi. Pemanfaatan hutan yang berlebihan ini tentu menimbulkan masalah besar. Sayangnya hal itu disadari, namun aktivitas berbahaya itu tetap terjadi.

Suka Tebang, Minim Upaya Reboisasi

Sebagian besar manusia bertindak sebagai pelaku konsumtif daripada produktif. Aktivitas eksploitasi tidak diimbangi dengan upaya penanaman untuk kelestarian hutan. Kekeringan pun melanda yang berimbas pada susahnya mendapat sumber air. 

Padahal reboisasi merupakan upaya menjaga kelestarian. Menanam pohon adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga keseimbangan alam. Pohon membantu mengurangi emisi karbondioksida dan memberikan oksigen, serta menyediakan habitat bagi berbagai spesies hewan. Selain itu, pohon juga dapat membantu mengurangi erosi tanah dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Penghijauan dengan Menanam Pohon Afrika

Kayu Manii (Maesopsis eminii Engl.) termasuk dalam famili Rhamnaceae, pohon ini tumbuh alami di Afrika dari Kenya sampai Liberia antara 8LU dan 6LS. Pohon ini banyak ditemukan di hutan tinggi dalam ekozona antara hutan dan sabana ("Tinjauan Pustaka Kayu Manii".Rachmatullah.blogspot.com. Akses 15 Februari 2024).

Di tempat lain, sebutannya adalah pohon afrika, mungkin karena tumbuhnya di Afrika. Sebagian orang menyebutnya pohon bayam, mungkin disebabkan daunnya mirip daun bayam. Kayu ini bertumbuh dan berkembang sangat cepat dibandingkan jenis kayu lain.

Konsep Penghijauan Ditertawakan

Pohon Bayam Usia Empat Bulan | Dok Pribadi
Pohon Bayam Usia Empat Bulan | Dok Pribadi
Tahun 2023 saya memulai fokus mengembangbiakkan pohon afrika ini. Persiapan lahan adalah hal yang pertama. Ketika saya menceritakan
tentang konsep penghijauan dengan fokus mengembangkan pohon Afrika pada tahun 2023, banyak yang merespon dengan tawa atau tidak mengambil serius. 

Beberapa alasan mengapa konsep ini mungkin ditertawakan adalah karena kurangnya pemahaman tentang manfaat pohon afrika dalam konteks penghijauan, atau mungkin karena orang-orang lebih memilih fokus pada jenis pohon lokal yang lebih akrab bagi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun