Mohon tunggu...
Maria Enrica Natasya N P
Maria Enrica Natasya N P Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Seorang mahasiswa biasa yang hobinya di air alias berenang :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Undip Kenalkan Keamanan Pangan Melalui Pemilihan Ikan Segar

15 Agustus 2022   20:50 Diperbarui: 15 Agustus 2022   21:04 38 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Progowati, Kecamatan Mungkid(01/08/2022)-Ikan merupakan salah satu protein hewani yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tetapi tak jarang ibu-ibu atau masyarakat untuk mengutamakan kualitas dari ikan yang dibeli segar atau justru ikan yang tidak segar. 

Pemilihan ikan segar penting baik saat beli di pasar tradisional maupun supermarket. Hal ini bertujuan agar masyarakat tetap mendapatkan nilai nutrisi baik yang terkandung dalam ikan tersebut. Maka dari itu Maria Enrica sebagai Mahasiswa KKN Undip di Progowati memberikan edukasi tentang tips pemilihan ikan segar dengan sasaran adalah ibu-ibu PKK.

Program ini berjalan dengan dihadiri oleh 31 ibu-ibu PKK. Pelaksanaan program dengan edukasi pemilihan ikan segar dan penempelan poster. Topik yang dibahas yaitu ciri-ciri ikan segar yang dapat dilihat dari fisik dan aroma.

Dokpri
Dokpri

Program ini mendapat antusias yang tinggi dan respon yang baik dari ibu-ibu. Menurut pengalaman Bu Sari, biasanya lebih mengutamakan harga dibanding kualitas saat membeli ikan dan saat acara edukasi ini sudah mulai paham. Maka dari itu, tujuan diadakannya program kerja ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap ikan yangtidak segar bahkan yang berformalin. 

Hal ini juga bertujuan agar masyarakat lebih paham untuk membedakan mana ikan segar yang layak dikonsumsi dan mana ikan berfomalin yang tidak layak dikonsumsi. Diharapkan setelah diadakannya edukasi ini masyarakat dapat lebih berhati -- hati dan melakukan cek ulang saat membeli ikan.

Penulis : Maria Enrica Natasya Nandha Puteri (Akuakultur 2019)

DPL : Triyono, S.H., M.Kn

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan