Mohon tunggu...
Maria Da Costa
Maria Da Costa Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Just be yourself

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Tak Banyak Diketahui! Mari Pahami Genre The Wedding Film dalam Film Bridesmaids

18 September 2021   20:31 Diperbarui: 18 September 2021   20:45 198 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Film Bridemaids (2011). Sumber: hot.detik.com

Kata film tentunya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi kita semua. Genrenya pun bermacam-macam, mulai dari komedi, horor, drama, thriller, dan lain-lain.

Selain genre di atas, ada juga genre the wedding film atau genre tentang pernikahan. Mungkin banyak di antara kita semua yang belum mengetahui genre ini. Penasaran tentang genre ini?Mau tahu contoh filmnya? Mari kita bahas!

Genre The Wedding Film

The Wedding Film merupakan genre film yang bercerita tentang pernikahan. Secara sederhana, tema dalam cerita ini merupakan tema pernikahan.

Dalam buku World Cineme Throug Global Genres, film pernikahan dapat dipelajari sebagai bagian dari beberapa pengelompokan yang lebih luas, sebagai subgenre melodrama, roman, atau film wanita. Film pernikahan juga dapat terdiri dari unsur-unsur lain, seperti ada film pernikahan yang lucu, ada yang lebih gelap atau menakutkan, atau ada juga yang menampilkan sisi politis.

Untuk menentukan hal tersebut, kita dapat melihat film itu sebagai teks. Kita dapat membandingkan film satu dengan film yang lain untuk mengidentifikasi tipe karakter, adegan kunci, tema, ikon, struktur naratif, dan gaya yang berulang dalam berbagai bentuk dari film ke film.

Sejarah the wedding film dimulai dari film pernikahan dari Amerika Serikat. Film pernikahan tersebut melihat kisah-kisah akrab tentang kerinduan romantis dan kecemasan keluarga dari berbagai perspektif pengantin wanita, ayah, pengantin pria, dan orang lain. Lalu film pernikahan berkembang dengan mengambil bentuk yang berbeda dengan implikasi budaya yang khas, contohnya dengan memasukkan unsur ritual lokal.

Selanjutnya, dengan bantuan beberapa ahli teori, khususnya feminis, kita dapat menempatkan genre pernikahan dalam konteks idelogis dan historis. Artinya, kita perlu memahami bagaimana genre the wedding film ini dapat menjadi genre dari perspektif global.

Film Bridesmaids (2011)

Sekarang kita akan bahas, salah satu contoh film yang memiliki genre the wedding film. Film ini berjudul Bridesmaids (2011) yang dibintangi oleh Kristen Wiig.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan