Mohon tunggu...
Maria Olive
Maria Olive Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Anak yang suka mengamati permasalahan sosial

Berharap tulisanku bisa bermanfaat untuk banyak orang. Apa yang aku tulis di sini adalah hasil pendapatku sendiri, hasil dari pengamatan aku dan hasil dari kegiatan belajarku. Minat di bidang pendidikan dan sosial. Senang belajar dan mencoba hal baru. Semoga aku bisa terus memotivasi teman-teman semua:) Jangan pernah takut untuk bermimpi! Karena mimpi adalah awal dari kesuksesan untuk dia yang mau berjuang keras.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Selalu Ada Sesuatu yang Tidak Terduga

17 September 2021   21:37 Diperbarui: 17 September 2021   21:39 708
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ini bukan sebuah kebetulan, tapi ini memang sudah rencana dari Tuhan. Memang segala sesuatu yang terjadi di dalam hidup kita adalah kehendak dari Yang Maha Kuasa. 

Kita sebagai manusia hanya bisa berencana dan berserah pada-Nya. Di dalam kehidupan kita pasti ada saja hal yang tidak terduga terjadi. Ketika kita sudah merencanakan sesuatu yang matang dan tiba-tiba ada halangan yang benar-benar tidak terduga sebelumnya datang dan menghancurkan semua rencana kita. Apa yang bisa kita lakukan?

Berserah, ya hanya bisa berserah dan menjalani apa yang seharusnya terjadi. Tetaplah bersyukur pada kondisi apa pun, karena Tuhan tahu apa yang terbaik untuk kita. Segalanya selalu baik untuk kita. Jadi janganlah kamu khawatir pada apa pun juga.

Kehidupan memang penuh dengan misteri. Kita tidak tahu akan terjadi apa di masa depan. Oleh karena itu, pada saat ini kita harus mempersiapkan segala sesuatu yang kemungkinan akan terjadi. Persiapkanlah dirimu dengan sebaik-baiknya, agar nantinya kamu sudah tahan jika ada banyak problem yang datang.

Nah dibalik semua masalah, tantangan, dan cobaan hidup pastinya selalu ada berkat yang harus kita syukuri. Bahkan kita sebenarnya sering mendapatkan berkat yang di luar dugaan kita.

Misal, kita mengharapkan mendapat sebuah pekerjaan tetapi yang datang itu lebih dari apa yang kita inginkan. 

Contoh lain adalah ketika kita berada di posisi atau di titik di mana kita merasa sendiri dan kita benar-benar kesepian, tak tahu tujuan hidup kita apa, tiba-tiba Tuhan mendatangkan seseorang yang berpengaruh besar terhadap kita. 

Seseorang itu yang akan menjadi teman kita, menjadi sahabat kita, sehingga nantinya secara tidak sadar hidup kita perlahan membaik sejak kita bertemu dengan dia.

Kejadian seperti ini sudah pernah saya alami. Sekitar beberapa bulan yang lalu saya mengenal sosok orang yang berpengaruh besar terhadap hidup saya. Setelah saya mengenalnya, hidup saya berubah drastis. Sebelum mengenalnya, saya adalah orang yang tidak mempunyai tujuan dan saya tidak mempunyai cita-cita. 

Tetapi, setelah saya mengenal dia, saya menjadi anak yang punya mimpi. Itulah hal yang sampai saat ini saya merasa ini semua masih seperti mimpi. Tapi inilah yang dinamakan berkat tak terduga dari Tuhan.

Jadi intinya dalam kehidupan kita, banyak sekali hal yang kita tidak tahu ke depannya. Mau sepandai dan serinci apapun kita dalam membuat rencana, kita tetaplah manusia yang tidak bisa menentukan apakah rencana kita ini akan sesuai dengan keinginan kita. Ya walaupun tidak sesuai dengan keinginan, kita harus tetap berjuang dan tidak menyerah!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun