Mohon tunggu...
Maria Sekar Ayu
Maria Sekar Ayu Mohon Tunggu... Mahasiswi Komunikasi

Mahasiswi komunikasi yang hobinya foto, makan, jalan-jalan sendirian dan nontonin video kucing di twitter.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ingin Lanjut S2? Cek Program-program Studi Pascasarjana UAJY

29 Oktober 2020   09:05 Diperbarui: 29 Oktober 2020   09:14 21 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Lanjut S2? Cek Program-program Studi Pascasarjana UAJY
Foto oleh Iaki del Olmo via Unsplash

Gelombang pendaftaran Pascasarjana UAJY telah dibuka sejak bulan Oktober ini. Berdiri sejak 1993, Pascasarjana UAJY memiliki tujuh program studi magister yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa untuk ditekuni. Ketujuh program studi tersebut antara lain: Prodi Magister Manajemen, Prodi Magister Hukum, Prodi Arsitektur, Prodi Magister Teknik Sipil, Prodi Magister Informatika, Prodi Magister Ilmu Komunikasi, Prodi Magister Teknik Industri. 

Character Building

Memiliki moto "Ketika pendidikan bukan ilmu semata", Pascasarjana UAJY berkomitmen untuk menjadi institusi pendidikan yang bisa mengajarkan mahasiswanya lebih dari sekedar ilmu. Hal ini diwujudkan dengan mewajibkan para mahasiswa S2 untuk mengikuti character building yang telah disiapkan oleh pihak kampus. 

"Character building itu, seperti istilahnya, membangun karakter. Program ini wajib bagi mahasiswa baru untuk mengikuti program ini selama dua hari, menginap dan akan mendapatkan materi-materi seperti kepemimpinan manajemen dan tentu saja watak perilaku" Jelas Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi, Lukas Ispandriarno dalam Konferensi pers UAJY Kamis (22/10). 

Hadir pula dalam Konferensi pers tersebut Prof Dr. Ade Lisantono selaku Direktur Pascasarjana UAJY. "Saat ini, character building itu wajib untuk mahasiswa. Jadi itu sebagai syarat untuk Yudisium" jelas Ade. 

Akan Buka Program Studi Multidisiplin

Dalam konferensi pers tersebut, Ade juga menuturkan mengenai rencana pihak Pascasarjana UAJY adakan prodi multidisiplin baru. "Sekarang kami sedang melakukan studi kelayakan ttg prodi kebencanaan. Nah, inikan kebencanaan itu teman-teman dari FISIP bisa, Teknik Sipil bisa, Arsi bisa, begitu.." jelas Ade. 

Selain Prodi Kebencanaan, UAJY juga berencana membuka empat prodi multidisiplin lain: infrastruktur, kecerdasan buatan, pariwisata, dan ketahanan pangan. "Nanti jika lima-limanya disetujui oleh Yayasan, kemudian disetujui oleh DIKTI, itu yang akan dikelola oleh Pasca" ucap Ade.

Kerja Sama Instansi Luar Negeri

Sementara itu, program studi-program studi yang sudah ada di Pascasarjana UAJY juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai praktisi dan instansi luar negeri dalam meningkatkan kualitas perkuliahannya. "Kita punya praktisi-praktisi yang juga menjadi tim. Modelnya pengajarnya akan tandem" jelas Lukas. 

Kerja-sama dengan instansi luar negeri juga diwujudkan dengan melakukan pertukaran tenaga pelajar dengan beberapa universitas luar negeri, seperti yang telah dilakukan oleh Magister Ilmu Komunikasi dengan Ateneo de Manila University, Philippines.

Kurikulum

Kurikulum yang diberikan oleh prodi-prodi Pascasarjana dirancang untuk dapat diselesaikan dalam kurun waktu 1,5 tahun - 2 tahun (3 - 4 Semester). Perkuliahan yang dilakukan mulai pukul 16.00 - 20.00 WIB memberikan keringanan bagi calon-calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya namun sambil tetap bekerja. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x