Mohon tunggu...
Maria AnastasiaKera
Maria AnastasiaKera Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Pamulang

Hay ! saya Maria sekarang sedang berkuliah di Universitas Pamulang ,jurusan Manajemen.Hobi saya adalah membaca dan memasak.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manfaat Marketplace pada Perkembangan Toko Online

9 Desember 2022   00:07 Diperbarui: 9 Desember 2022   00:19 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

     Marketplace merupakan perantara atau orang ketiga dalam melalakukan jual beli barang yang berfungsi untuk menghubungi penjual dan pembeli.Marketplace bisa mempermudah kamu untuk menjangkau konsumen baru.Biasanya,konsumen akan mencari toko terlebih dahulu sebelum membeli dan itu merupakan kesempatan untuk bersaing dengan toko lain untuk menarik minat pembeli .Apa yang di maksud dengan toko online?  Toko online atau yang lebih di kenal dengan istilah online shop merupakan belanja yang dilakukan secara online atau melalui internet. Kita bisa menanyakan produk atau barang yang kita mau melalui Instagram ,Facebook dan Whatsapp.Tentu apa saja contoh toko online di Indonesia ? Contohnya adalah Tokopedia,Bukalapak,Shopee,Lazada dan Blibli.com.

    Marketplace dan toko online juga  tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing --masing.Keunggulan dari Marketplace yang pertama adalah  anda akan lebih mudah memulai bisnis online dan menentukan marketplace apa yang ingin di gunakan. Sebagai contoh ,jika anda ingin membuat bisnis melalui Lazada ,Anda bisa menggunakan akun Facebook,Geoogle,email atau nomor ponsel anda yang masih bisa di gunakan.Kedua ,Tidak memerlukan modal yang banyak karena marketplace tidak dikenakan biaya.Ketiga sistem sudah tersedia ,Anda juga tidak perlu pusing merancang system bagi bisnis anda yang di perlikan hanya mengunggah produk.Keempat pasarnya sudah ada artinya pembeli bisa langsung datang ke pasar jika membutuhkan sebuah produk. Kelima tidak memerlukan strategi marketing  karena marketplace memeiliki strategi marketing sendiri.Apa saja kekurangan dari marketplace .Pertama persaingan yang sangat ketat dengan kompetitor  ,Anda akan menemukaan banyak yang menjual produk yang sama .Kedua terjadinya perang harga  dan kebanyakan pebisnis akan membanting harga atau memberikan harga yang murah terhadap produk tersebut.Ketiga tidak bisa melakukan retargeting anda tidak bisa menjual produk anda kembali ke konsumen yang sama karena semua sistem dibuat oleh marketplace dan semua mutlak milik mereka.Keempat kurang mendukung branding ,Branding sendiri dapat membantu keterlibatan konsumen terhadap produk anda tetapi marketplace tidak menyediakan  branding  hal ini juga tidak menguntungkan bagi pebisnis.Kelima pasar terbatas . Apa saja keunggulan dari toko online ? Keuntungan pertama anda memegang kendalai secara utuh,Anda bisa dengan bebas dan leluasa dalam mempromosikan bisnis anda.Kedua bebas menentukan harga dari produk yang anda jual  dan bisa menentukan keuntungan sendiri.Ketiga sangat mudah dalam retargeting ,Anda bisa menjual kembali produk anda ke konsumen yang sama .Keempat leluasa dalam melakukan branding anda bisa membangun bisnis anda dengan lebih efektif.Kelima tidak bergantung pada pihak ketiga.Keenam menyasar pasar global ketika produk anda memiliki kualitas dan beroperasi dengan baik ,kesempatan untuk menggaet pasar global pun makin leluasa. Apa saja kekurangan dari toko online? Harus memiliki website,dalam membuat website sangat diperlukan investasi.Investasi berarti anda harus mengeluarkan uang.Kedua mengelolah bisnis anda secara mandiri karena pemegang kendali bisnis tersebut adalah anda sendiri.Di marketplace anda hanya promosi produk tetapi kalau membangun toko online anda harus promosi website toko anda.

   Marketplace dan toko online tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan.Keduanya saling berhubungan dan sama-sama menguntungkan .Bisa saja anda membangun toko online dan bisa sambil menjual produk melalui marketplace.

                                 Penulis :Maria Anastasia Kera (Mahasiswa Prodi Manajemen,Universitas Pamulang)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun