Mohon tunggu...
Maria Oktaviani
Maria Oktaviani Mohon Tunggu... Namaste

Karyawan Swasta yang senang baca dan nonton film. Menyukai hal-hal berbau budaya, seni dan sastra.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

4 Tips Agar Dilirik Head Hunter

17 Mei 2019   14:28 Diperbarui: 20 Mei 2019   09:45 100 0 1 Mohon Tunggu...

Head Hunter merupakan sebuah jasa yang dapat membantu anda mencarikan pekerjaan yang sesuai dan lebih baik bagi karir profesi yang anda jalani. Bila anda merupakan seorang pekerja profesional yang berkarir pada satu bidang tertentu dan ingin meningkatkan karir anda, tidak ada salahnya anda mencoba untuk memasukan nama anda ke dalam daftar kandidat pekerja yang diperlukan oleh Head Hunter. Dengan memasukan nama anda dalam daftar Head Hunter maka semakin besar peluang anda akan dihubungi ketika ada perusahaan yang membutuhkan tenaga profesional untuk posisi yang sesuai dengan karir profesional anda. Berikut ini cara agar anda bisa dilirik oleh Head Hunter berdasarkan apa yang saya dapat dari salah seorang teman yang kini bekerja di perusahaan head hunter indonesia :

1. Kirim CV Ke Head Hunter

Cara termudah memasukan nama anda pada daftar Head Hunter Indonesia adalah dengan mengirimkan CV kepada suatu atau beberapa perusahaan head hunter. Tentu saja CV yang anda kirimkan haruslah lengkap dan menarik. Jangan lupa pula untuk memasukan pencapaian-pencapaian yang telah anda dapatkan selama bekerja. Sertakan pula foto yang menunjukan karisma diri anda sehingga lebih meyakinkan.

Dengan mengirimkan CV anda, setidaknya anda telah masuk daftar dari head hunter tersebut. Nama anda mungkin saja akan muncul sewaktu-waktu ketika ada perusahaan yang membutuhkan spesifikasi pekerja yang sesuai dengan CV anda. Anda tinggal menunggu panggilan dari head hunter.

2. Buat Profil LinkedIn

LinkedIn merupakan media jejaring sosial yang dibuat untuk tenaga profesional berbagai bidang. Media ini memungkinkan anda membuat semacam CV dan portofolio yang secara terbuka dapat dilihat oleh publik. Banyak head hunter juga menjelajahi LinkedIn untuk menemukan kandidat-kandidat yang akan mereka masukan pada data based mereka. Untuk membuat profil LinkedIn yang menarik, anda tentu harus mengisi data diri dan pencapaian-pencapaian anda selama bekerja. Jangan lewatkan pula berbagai informasi yang relevan dengan pekerjaan anda serta riwayat kerja anda

3. Buat Jaringan dengan Head Hunter

Jika anda pernah bekerjasama dengan head hunter, atau anda memiliki kenalan yang bekerja pada perusahaan jasa head hunter indonesia, maka bangunlah relasi yang baik dengannya. Selain menjalin pertemanan, relasi ini akan saling menguntungkan bagi anda dan head hunter tersebut. Bagi anda, tentu akan memudahkan anda memasukan diri anda ke dalam daftar head hunter. Sementara bagi head hunter sendiri, nama anda akan menjadi daftar tambahan yang bisa mereka ajukan pada klien.

4. Branding Diri Secara Online

Satu hal yang tidak boleh anda lupakan adalah track record diri anda. Membangun citra positif di bidang pekerjaan anda tentu harus diimbangi dengan pembentukan citra diri yang baik pula. Tidak jarang head hunter Indonesia yang belum mengenal anda akan mencari tahu banyak hal tentang diri anda di berbagai pemberitaan maupun media sosial. Untuk itu anda perlu mengatur cara anda dalam bermedia sosial agar menjadikan branding positif bagi diri anda. Jika perlu, buatlah personal blog yang berisikan hal-hal yang sesuai dengan profesi yang anda geluti. Anda juga bisa memanfaatkan youtube untuk membentuk gambaran positif dari hasil pekerjaan anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x