Mohon tunggu...
Marhaenaputra Sondakh
Marhaenaputra Sondakh Mohon Tunggu... Bekerja dan Berdoa

Kerja,kerja,kerja

Selanjutnya

Tutup

Karir

Sepotong Obrolan Sopir Online dengan ASN "Terungkap Kisah Kelam ASN"

17 Mei 2019   10:35 Diperbarui: 17 Mei 2019   12:44 0 0 1 Mohon Tunggu...
Sepotong Obrolan Sopir Online dengan ASN "Terungkap Kisah Kelam ASN"
sumber foto Tempo.co (23/1/2014)

Seperti biasanya. Sopir online pada Setiap pagi hari sebelum menjalankan aktifitasnya, sang sopir online mampir di gerai kopi terkenal K8 yang terletak diruas jalan Ahmad Jani di Manado.

Dengan kopi hangat yang disajikan di gerai kopi itu dan ditemani kue khas manado "onde-onde",  tiba - tiba di sapa seorang ASN ( Aparatur Sipil Negara)  dari salah satu kabupaten / kota yang juga langganan sang sopir online. Sopir online pun diajak duduk dimejanya.

ASN itu pun mengobrol  dengan sopir online.

"Pusing saya" keluh ASN itu.

"Kenapa pusing ?" tanya  sopir online.

"Pusing sekali jadi ASN di era pemerintahan  Presiden Jokowi saat ini." kata ASN.

"Oh ya?"jawab  sopir online.

"Aku ini sudah lewati banyak presiden, tapi baru di era pemerintahan Presiden Jokowi inilah, aku merasa capek sekali dan tersiksa" kata ASN itu.

"Kenapa capek dan tersiksa ? "kejar sopir online.

"Di era pemerintahan Presiden  Jokowi 'kan enak. Memang tidak pernah naik gaji, tapi ada gaji tiga belas dan empat belas setiap tahunnya. Yang tentunya sangat membantu bagi para ASN dalam menghadapi hari raya dan anak anaknya yang akan melanjutkan pendidikan, bahkan masih bisa menyisakan pundi-pundi bagi ASN untuk saving kan ?" tambah  sopir online.

"Ini bukan soal pendapatan. Karena, setiap Presiden yang baru terpilih pasti akan ada kebijakan penambahan pendapatan bagi semua ASN," jawab ASN.

"Tapi ini soal pekerjaan yang menjadi rutinitas aktivitas kerja bagi  ASN" tegas ASN.

"Bukannya santai pekerjaan ASN saat sekarang?" tantang sopir online

"Dulu sih, memang dapat dikatakan santai"  jawab ASN.

"Tapi di Era Pemerintah Presiden Jokowi sekarang ini kan semuanya berorientasi IT. Setiap pekerjaan harus dilaporkan melalui internet. Mau lapor pajak, SPT harus dikirim via internet, mau lapor harta kekayaan harus lapor via aplikasi e-LHKPN, surat menyurat pun kudu pakai sumaker. Belum lagi kewajiban melaporkan aktivitas kerja kita setiap hari melalui aplikasi e-kinerja. Pusing, kan ?" tutur ASN penuh kekesalan.

"Pusing bagaimana. Berarti enak, dong, sekarang. Mau lapor, tidak perlu jauh-jauh. Tinggal buka aplikasi di komputer, di laptop, di smarphone,  asal ada jaringan internet, bisa selesai pekerjaan kita saat itu juga" jawab sopir online.

"Itulah  yang  menjadi masalahnya," ucap ASN pasrah.


"Waktu ASN sebelum era pemerintahan Presiden Jokowi, kita tidak  perlu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Komputer kami tidak kuasai, hape hanya untuk telepon, main game dan update status facebook. Terus, tidak mungkin 'kan kita tiap hari mengisi jadwal kegiatan kita di internet. Memang kerja kita hanya untuk itu ?" ungkap ASN.

Sopir online hanya diam mendengar keluhan ASN itu, sambil heran dan kaget, karena saat ini masih ada ASN yang tidak menguasai IT.

"Semoga saja, kalau Presiden Jokowi terpilih kembali, ada perobahan kebijakannya, program kerjanya tanpa IT, sehingga saya tidak pusing lagi." gerutu ASN.

"Walaupun diakui, kebijakan tersebut sangat sulit ditempuh di era Pemerintahan Presiden Jokowi. Karena sesuai hasil kampanye atau berita di media sosial, Presiden Jokowi akan menjadikan ASN sebagai birokrasi profesional
yang mampu membawa lompatan kemajuan bagi kejayaan bangsa kita dengan  selalu bertanggung jawab, bekerja keras, melakukan inovasi, serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan dinamika dunia yang sangat cepat" ungkap ASN dengan mimik yang perlu dikasihani.

Sangat Ironis, bila saat sekarang ini masih ada juga ASN yang notabene seorang Abdi Negara,  berbicara seperti itu. Sebab semua pekerjaan saat sekarang telah berbasis IT. Bahkan  ada kecenderungan kebencian dari ASN sebagai pemangku kebijakan penyelenggara negara terhadap perubahan serta dinamika dunia yang sangat cepat.

Selain masalah pekerjaan itu, ada juga kecenderungan kebencian dari ASN terhadap kebijakan Presiden Jokowi  saat ini, yang melarang suap /sogok dan dulunya menjadi sumber pendapatan yang cukup lumayan besar bagi ASN.....

KONTEN MENARIK LAINNYA
x