Mohon tunggu...
Margining Dyah
Margining Dyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya adalah mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang mempunyai hobi pushrank brutal

Selanjutnya

Tutup

Games

Game Mobile Legends Bang-Bang Menjadi Penghambat Belajar, Namun Sebenarnya Menguntungkan Lohh..

22 September 2022   22:57 Diperbarui: 22 September 2022   23:01 95 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Games. Sumber ilustrasi: Unsplash

Tahukah kamu generazi z sekarang banyak sekali yang dapat memanfaatkan semaksimal mungkin teknologi yang ada. Akibat teknologi yang semakin jaman semakin canggih ini menjadikan para generasi ini dimudahkan untuk melakukan suatu pekerjaan dan mengexplore banyak apa saja yang ada di internet. Selain dalam bidang teknologi, electronic games juga semakin berkembang di masa sekarang dengan menggunakan fitur yang banyak animasinya dan menyediakan pilihan berbagai macam hiburan.

Nahh, electronic games ini dapat kita sebut sebagai permainan yang menggunakan elektronika dalam menciptakan sistem interaktif yang dimana dimainkan oleh para pemain. Electronic games yang berkembang dimasa sekarang sudah semakin banyak dalam bentuk aplikasi games yang banyak digunakan untuk semua kalangan orang dan mudah untuk dimainkan. Salah satunya adalah MLBB atau kita dapat menyebutnya dengan mobile legends bang bang. Games ML BB ini sudah banyak dimainkan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dengan menyediakan berbagai fitur animasi yang sangat seru dan tampilan yang sangat menarik yang setiap bulannya berganti dan membuat semua orang tidak merasa bosan.

Adanya mobile legends bang bang ini merupakan solusi yang sangat simple jika memiliki waktu yang senggang. Karena pada dasarnya games sifatnya adalah menghibur maka mlbb ini juga dapat menghibur serta belajar banyak hal yang ada di dalamnya. Namun bukan berarti itu bukan untuk dipelajari loh yaaa, boleh bermain game tapi harus ingat waktu.

Peminat dari games ini tidak sedikit adalah anak-anak di generasi z yang cenderung memanfaatkan teknologi yang ada. Seperti dengan adanya headphone maka mereka dengan mudah menginstal aplikasi mlbb ini untuk dimainkan.

Mungkin ada beberapa dari kalangan anak-anak ini memiliki kecanduan terhadap game ini seperti bermain terus-terusan dan melupakan kewajibannya. Biasanya mereka memainkan game tersebut bersama temannya ataupun bersama orang terdekat dia. Karena game ML BB ini adalah game yang penuh dengan tantangan maka orang-orang cenderung memainkannya setiap hari di waktu luang.

Tidak hanya kecanduan terhadap handphone, namun anak-anak ini juga memiliki kecanduan terhadap game ini, banyaknya minat anak-anak dalam permainan ini menjadikan ia mulai meninggalkan hal-hal yang menurut dia adalah kewajiban dan menjadi malas-malasan. Anak-anak ini juga cenderung mengabaikan sekolahnya dengan contoh anak-anak sekarang mulai malas-malasan untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang jelas-jelas pekerjaan rumah tersebut adalah kewajiban yang harus dilakukan.

Lalu apakah game MLBB ini membawa dampak yang negatif bagi semua kalangan? Bagaimana mungkin game MLBB ini dikatakan menguntungkan jika yang terjadi di lingkungan sekitarnya adalah kebalikannya.

Nah mari kita bahas di bagian ini bagaimana game ini sebenarnya memiliki banyak manfaat atau dengan kita menginovasikan cara kita untuk bermain game dengan menghasilkan sisi positif. Mungkin semua orang sudah sering mendengarkan bahwa game bisa saja dimainkan namun dapat dimakamkan di waktu yang luang dan tidak menyita waktu yang seharusnya digunakan untuk hal-hal yang berguna, jadi disarankan untuk kita bermain game dengan waktu yang secukupnya dan jangan sampai melalaikan sekolah atau pekerjaan. Karena manusia semakin jaman semakin cerdas, tentunya mereka akan mencari ide bagaimana jika mereka memanfaatkan game ini untuk menghibur sekaligus menghasilkan uang.

Dengan adanya teknologi jadi kita dapat melihat jangkauan di luar sana. Maka, dengan elektronik games ini mereka yang berinovasi dengan cara memainkannya dengan cara yang cerdik seperti mereka memanfaatkan fitur upload video dengan diunggah di YouTube yang menghasilkan adsense. Mungkin kalian ada yang tau pekerjaan apakah itu? Yupsss, dapat kita sebut dengan YouTubers. Nah YouTubers ini nanti dapat dikembangkan menjadi streamer dan content creator. Sedangkan bagi mereka yang memiliki skill tinggi mereka cenderung akan mengikuti profesional player dengan bergabung di tim yang tentunya penghasilannya tak kalah besar.

Lalu, apa pengaruhnya terhadap belajar? Bukan hanya game mlbb yang memiliki pengaruh terhadap aktivitas seseorang namun game yang lain juga memiliki pengaruhnya sendiri terhadap kehidupan sesorang. Mungkin selama ini kita pandang game sangat mengganggu belajar terutama pada anak-anak yang mungkin orang tua tidak setuju dengan bermain game. Sehingga, peran orang tua di sini juga penting dalam mengawasi anaknya dalam bermain game, jangan sampai anak tersebut memiliki kecanduan terhadap game ataupun terhadap handphone yang dimainkannya. Selanjutnya, anak juga diberi arahan kapan saja mereka bisa bermain game dan kapan saja mereka bisa belajar.

Memang tidak semua orang bermain game dapat mencapai keberhasilan yang sudah disebutkan diatas, namun kalian harus pintar-pintar mencari waktu dan jangan sampai game ini membuat kalian lalai untuk melakukan kewajiban.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan