Mohon tunggu...
Margareta Sevilla Rosa A
Margareta Sevilla Rosa A Mohon Tunggu... Law Student

JUST BELIEVE ON YOURSELF!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengabdian Masyarakat Program Pembenahan Stigma Masyarakat Tentang Vaksinasi Covid-19

25 Juni 2021   08:11 Diperbarui: 25 Juni 2021   09:08 45 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengabdian Masyarakat Program Pembenahan Stigma Masyarakat Tentang Vaksinasi Covid-19
Ibu - Ibu PKK RT 10 RW 007 Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes - Surabaya - dokpri

Di tengah pandemi COVID - 19 yang masih terus menyebar saat ini, pemerintahan Indonesia terus melakukan berbagai upaya percepatan penanggulangan wabah yang semakin lama semakin berbahaya ini. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengadakan program vaksinasi massal bagi seluruh warga negaranya. Dimana tujuannya adalah untuk menjaga kekebalan tubuh setiap masyarakat, sehingga bisa  mengurangi kemungkinan untuk bisa terpapar virus COVID -- 19. Tentunya dengan sasaran yang telah ditentukan dengan tepat dengan berbagai macam pertimbangan. Seperti mengutamakan tenaga medis, pelayanan public, aparatur negara yang tentunya memiliki intensitas di luar rumah dan memiliki kemungkinan dekat dengan mereka  yang terpapar. Yang kemudian dilanjutkan pemberian vaksinasi kepada masyarakat lansia demi menekan angka kematian dengan sebab terpapar COVID -- 19.

Namun, ternyata upaya pemerintah untuk tidak berjalan begitu saja tanpa hambatan. Banyak sekali pro dan kontra yang terjadi di tengah masyarakat. Banyak sekali pemberitaan miring mengenai vaksinasi COVID -- 19, baik di media maupun melalui konvensional dari mulut ke mulut yang sebenarnya belum bisa dipastikan kebenarannya. Hal tersebut membuat masyarakat memiliki keraguan akan vaksinasi COVID -- 19 yang dilakukan pemerintah.

Oleh karenanya, KKN Reguler Semester Genap 2020/2021 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang mengusung tema besar mengenai era vaksinasi, membuat salah satu peserta KKN yakni Margareta Sevilla Rosa A memutuskan untuk mengadakan Program Edukasi Masyarakat Mengenai Vaksinasi COVID -- 19. Program tersebut dilaksanakan di wilayah RT.10 RW.007 Kelurahan Manukan Kulon  Kecamatan Tandes,Surabaya. Tujuan utama dari program tersebut adalah untuk berusaha memberikan pengetahuan lebih mengenai program vaksinasi yang dilakukan pemerintah saat ini dan berusaha untuk membenahi stigma buruk yang selama ini tertanam dalam masyarakat. Penyuluhan secara door to door kepada masyarakat Minggu (13/6) juga dilakukan pada Jumat (18/6) yang diikuti oleh ibu -- ibu PKK pada saat arisan. Dengan harapan masyarakat bisa memiliki sudut pandang yang benar mengenai vaksinasi COVID -- 19 yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia.

Dengan bimbingan dan arahan Dosen Pembina Lapangan, Dr.  Tommy Michael, S.H., M.H., kegiatan penyuluhan tersebut dapat terlaksana dengan baik, diikuti dengan sosialisasi mengenai protokol kesehatan yang benar. Di akhir kegiatan, juga dilakukan bakti sosial secara sederhana untuk para peserta penyuluhan. Sehingga serangkaian kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Margareta Sevilla Rosa A di wilayah RT 10 RW 007 Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes mulai 7 Juni 2021 hingga 22 Juni 2021 dapat terlaksana dengan baik, tentunya dengan bantuan dari Ketua RT 10, Ketua RW 007, serta Ketua PKK RT 10.

www.untag-sby.ac.id

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten

VIDEO PILIHAN