Edukasi

Kenapa Sih Harus Ada Evaluasi? Apa Sih Tujuan Evaluasi Itu?

12 Juli 2018   20:44 Diperbarui: 12 Juli 2018   20:57 282 0 0

Demi terciptanya suatu pembelajaran yang cukup optimal maka seorang pendidik penting untuk melakukan suatu evaluasi hasil pembelajaran yang mereka lakukan untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik. Selain itu dengan mengetahui perkembangan peserta didiknya maka tenaga pendidik dapat memetakan bagaimanakah perbandingan perkembangan antara peserta didik yang satu dengan lainnya.

Evaluasi pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah proses pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan maksimal apa belum? Apakah komponen-komponen yang berkaitan seperti halnya tenaga pendidik, peserta didik maupun materi pembelajaran telah dapat menunjang proses pembelajaran secara maksimal? Sehingga jika hal ini dilakukan maka ke depannya seorang tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.

Perencanaan pembelajaran yang akan datang merupakan salah satu fungsi utama diadakannya evaluasi pembelajaran. Ya dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan dari proses pembelajaran yang telah dilakukan maka seorang tenaga pendidik dapat merencanakan pembelajaran yang lebih baik seperti metode, strategi pendidikan dan lain sebagainya.

Seorang guru dapat dikatakan berhasil dalam memberikan pembelajaran apabila telah terjadi perubahan tingkah laku siswa atau pengetahuan siswa ke arah yang lebih positif atau lebih baik. Oleh karena itu, guru memiliki andil yang sangat besar dalam keberhasilan siswanya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi seorang guru mengevaluasi siswanya dengan cara yang baik dan objektif.