Mohon tunggu...
Marcko Ferdian
Marcko Ferdian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pencinta Monokrom dan Choir

Love what you have || Kompasianer pemula

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama

O Magnum Mysterium: Sebuah Karya Seni yang Penuh Inspirasi

4 Desember 2023   00:02 Diperbarui: 5 Desember 2023   19:41 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kelompok paduan suara Vocalista Paradisso. Sumber: vocalistaparadisso.com

Saat menonton pertunjukan paduan suara Vocalista Paradisso, saya terpikat dengan sebuah lagu yang dinyanyikan dengan begitu indah. Harmonisasi setiap suara dalam kelompok paduan suara itu memberi kesan kemegahan dari lagu yang mereka nyanyikan.

Lagu O Magnum Mysterium yang dikompos oleh Kevin Memley ini mengalun dengan begitu lembut namum tidak bisa menyembunyikan kemegahannya, ketika sampai pada bagian lirik Beata Virgo.

Bagian ini kemudian diulang oleh sopran dan pelan-pelan suasana, serta emosi penonton di build-up dengan bantuan alto, tenor dan bas sampai ketika Alleluia dibunyikan secara megah di puncak lagu. 

Salut dengan kepiawaian Kevin Memley dalam mengotak-atik susunan not untuk menciptakan alunan lagu yang indah dan juga kemampaun Vocalista Paradisso UPNV Yogyakarta dalam menyanyikan lagu ini dengan sangat megah.

Sejarah O Magnum Mysterium yang Masih Menjadi Misteri

Lagu O Magnum Mysterium adalah salah satu karya musik gereja yang memancarkan atmosfer misterius yang begitu memukau. Ketika mendengarkan lagu ini, kita seolah-olah terhanyut dalam aliran semesta yang tak terduga dan tak ternilai harganya.

Lagu ini dianggap sebagai ciptaan komponis terkenal abad ke-16, Tomas Luis de Victoria, yang berasal dari tanah kelahiran yang kaya akan seniman, Spanyol.

Beliau telah menciptakan piece ini dengan penuh dedikasi dan sentuhan magisnya yang khas. Namun, sebenarnya, asal-usul lagu ini masih menjadi teka-teki yang membingungkan para ahli musik hingga saat ini.

Meskipun teori dan faktanya masih belum terpecahkan dengan pasti, ini menambah daya tarik dan misteri yang menyelubungi lagu ini.

Sebagian orang mengatakan bahwa O Magnum Mysterium mungkin terinspirasi dari tradisi musik gereja latin, yang memiliki pola dan nuansa khusus. Lagu ini bisa membawa kita jauh ke masa lalu, di mana tipe musik ini menghiasi gereja-gereja dengan kepenuhan spiritual dan ketuhanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun