Mohon tunggu...
Marciano Yoseph Djamon
Marciano Yoseph Djamon Mohon Tunggu... Sales - Keep spirit

Peselancar dua dunia maya dan nyata

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

Gamer Juga Profesi

14 September 2021   17:30 Diperbarui: 14 September 2021   19:22 131 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gamer Juga Profesi
Gambar dari : www.flickr.com/photos/gtfusion

Game dunia maya atau virtual kerap dijadikan kambing hitam yang menyebabkan anak anak yang menjadi nakal atau hasil belajar nya tidak bagus di sekolah. Dianggap mengajarkan kekerasan dan kemalasan juga menyebabkan kecanduan dan hal hal buruk lainnya. Tetapi apakah benar demikian. Apakah selalu hal buruk yang dihasilkan dari bermain game?

Game yang dimaksud diatas dimainkan  lewat hp, tablet, laptop , pc, ataupun console playstation, xbox dan lain sebagainya. Mari kita kupas game yang terbagi dalam 7 genre berikut ini beserta nilai nilai pendidikan dan pengetahuan juga manfaat yang bisa diambil dari games tersebut.

Genre First Person Shooter

Genre pertama yaitu permainan first person shooter(FPS). Game ini mengambil setting peperangan dengan senjata senjata militer. Tampilannya mengambil gambar dari sudut pandang orang pertama seperti pemain berada dalam permainan tersebut.

Game tipe ini mengajarkan kecepatan pada pemain , koordinasi mata dan tangan pada waktu yang tepat, meningkatkan reaksi, refleks, dan mengakselerasi percepatan saraf motorik pada otak, dan membuat cepat tanggap terhadap situasi.

Genre Role Playing Games

Genre kedua ada  RPG (Role Playing Games) dimana pemainnya menjalankan peran suatu karakter dalam latar fiksi. Genre ini bersifat leveling. Pemain dapat memainkan sampai level tertentu dan berhenti, ketika bermain kembali keesokan harinya tetap bisa mulai dari level yang ditinggalkan tadi bukan dari awal.

Lalu karakter karakter tersebut berkolaborasi untuk menjalankan suatu misi dan dapat juga mencakup meningkatkan skill karakter pemain dan meningkatkan perlengkapan pemain tersebut. Dalam genre ini tidak terlalu banyak kompetisi tetapi lebih kepada kerjasama tim, clan atau guild.

Saling mendukung dalam rangka meningkatkan skill dan perlengkapan para anggotanya untuk suatu tujuan seperti mencari harta karun berupa perlengkapan yang bernilai ataupun mencapai bermacam macam achievement dan mendapat reward.

Game genre ini mengajarkan sifat kerjasama pada pemain, saling membantu bila ada yang membutuhkan, saling melindungi dan melengkapi karena kemampuan karakter pemain berbeda beda. Yang lebih menarik lagi di genre ini pemain bisa belajar trade, jual beli barang atau perlengkapan karakter yang dimainkan.

Belajar memutuskan jual beli yang saling menguntungkan dengan memperhitungkan untung rugi karakter tersebut. Jadi dapat belajar ilmu ekonomi dari genre ini. Cukup menarik dan mendidik bukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten E-Sport Selengkapnya
Lihat E-Sport Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan