Mohon tunggu...
Gayahidup

Jangka Waktu Menyimpan ASI

22 November 2017   09:22 Diperbarui: 22 November 2017   09:52 846 0 0 Mohon Tunggu...

ASI sebagai sumber nutrisi bagi anak. Bagi ibu yang bekerja terkadang perlu menyediakan ASI bagi anaknya dengan memompa ASI dan menyimpannya. Sewajarnya ASI diminumkan langsung dari payudara ibu, tapi jika tidak bisa ASI bisa disimpan dalam wadah steril. Dilansir daari CNNIndonesia, berikut inilah saran waktu penyimpanan  ASI;

1. ASI dalam temperatur ruangan

ASI ditaruh di botol yang steril. Jika susu berada dalam suhu ruangan, ASI dapat berthan hingga 4 jam.

2. ASI dalam kulkas

ASI yang telah dimasukkan ke dalam botol bisa dimasukkan ke dalam kulkas. ASI yang disimpan di kulkas bisa bertahan 5 hari di suhu 2-4 derajat celcius.

3. ASI di dalam mesin pendingin (freezer)

Freezer menjadi tempat terbaik untuk menyimpan ASI. Apa lagi jika ibu memiliki pasokan ASI dalam jumlah besar. ASI yang disimpan di freezer bisa bertahan hingga 6 bulan. Jika anda ingin menyimpan ASI dalam freezer sebaiknya setiap botol susu diberikan tanggal pompa. Sehingga ketika ingin memberikan ASI pada bayi bisa mengambil botol dengan tanggal pompa yang paling awal. Sebaiknya ASI dihangatkan terlebih dahulu dengan merendam botol pada air hangat, sebelum diberikan ke bayi. Ketika ASI sudah di hangatkan jangan dibekukan lagi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x