Afifuddin lubis
Afifuddin lubis Pensiunan PNS

Selalulah belajar dari siapapun

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Mengkritisi Permintaan Amien Rais agar Kapolri Dicopot

11 Oktober 2018   18:24 Diperbarui: 11 Oktober 2018   18:26 702 7 6


Dari sisi keterkenalan selayaknyalah kita angkat topi untuk Amien Rais.Lebih dari seperempat abad, tokoh ini masih berada pada pusaran perpolitikan negeri ini.

Di masa Orde Baru, Amien Rais sudah dikenal sebagai sosok yang pemberani. Kita masih ingat Guru Besar UGM ini sudah berani membongkar kebusukan pada " Proyek Busang".

Pada masa yang demikian ia juga berani mengemukakan agar Suharto tidak lagi mencalonkan diri sebagai Presiden.

Begitu juga halnya pada Mei 1998 ia menyerukan dan menggalang massa untuk kumpul di Monas untuk satu tujuan : turunkan Suharto.

Dengan keberanian tersebut banyak kalangan yang menjulukinya sebagai " Lokomotif " atau " Bapak Reformasi".

Sesudah jatuhnya Suharto dan era Reformasi dimulai, Amien Rais muncul sebagai sosok yang berpengaruh di negeri ini. Amien bersama teman temannya mendirikan Partai Amanat Nasional ( PAN).

Karena kepiawaiannya dalam berpolitik banyak kalangan yang menyebutnya sebagai King Maker.

Dengan ketrampilannya berpolitik, Amien mampu menggalang kekuatan beberapa parpol yang dihimpun dalam koalisi " Poros Tengah".

Koalisi ini berhasil ,mendudukkan Abdul Rahman Wahid sebagai Presiden RI dan Amien Rais menjabat sebagai Ketua MPR.Padahal hasil pemilu 1999 menempatkan PDI-P sebagai partai pemenang.

Nyatanya walaupun partai berlambang banteng moncong putih itu sebagai pemenang pemilu tetapi sang Ketua Umum ,Megawati Soekarnoputri hanya kebagian kedudukan sebagai wakil presiden.

Kemudian dimasa pemerintahan Jokowi- JK ,Mantan Ketua MPR ini berada pada posisi yang secara politik berseberangan dengan Jokowi.

Ketika kasus penistaan agama oleh Ahok muncul ,Amien Rais berada pada kubu Aksi Aksi Bela Islam .

Setelah Ahok - Djarot kalah pada Pilkada DKI ,sikap politiknya semakin keras untuk mengkritisi pemerintahan Jokowi dan ia semakin dekat dengan alumni 212. Dalam organisasi Persaudaraan Alumni 212 ia didapuk sebagai Ketua Dewan Penasehat.

Dari hari ke hari terlihat kritikan yang disampaikannya kepada Jokowi semakin nyaring .Muncullah berbagai ucapannya yang menyerang presiden petahana itu.

Dengan berbagai ucapannya tersebut kemungkinan besar para pengikutnya akan semakin simpati yaitu kelompok masyarakat yang dengan berbagai alasan tidak menginginkan lagi Jokowi lanjut pada periode kedua.

Tidak dapat dimungkiri Amien Rais masih punya banyak pengikut atau simpatisan di negeri ini.Dengan posisi politik dan sosialnya yang demikian maka banyak kalangan ,termasuk lawan lawan politiknya mencermati setiap ucapannya.

Demikianlah ,sebelum hadir di Polda Metro Jaya untuk didengar keterangannya sebagai saksi pada kasus hoaks Ratna Sarumpaet ia menyatakan ,selesai diperiksa ia akan ungkapkan sebuah kasus besar yang sedang ditangani KPK.

Menurutnya kasus itu sudah lama mengendap di komisi anti rasuah itu dan informasi yang disampaikannya itu akan menarik perhatian masyarakat.

Dengan pernyataannya yang demikian banyak orang menduga duga ,kasus apakah yang akan diungkapkan oleh pendiri PAN Ini. Saya juga membuat sebuah artikel di blog kebanggaan kita ini yang isinya ikut menduga duga kasus apa yang akan diungkapkannya.

Dugaan saya yang akan diungkapkannya adalah kasus BLBI mengingat kasus ini sering dihubung hubungkan beberapa kalangan dengan Megawati Soekarnoputri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2