Mohon tunggu...
Sujono Arwana
Sujono Arwana Mohon Tunggu... Penulis Artikel Biasa

Hanya pemilik Blog Kecil yang membahas issue dan juga sedikit tertarik dengan perkembangan dunia marketing. Visit my blog: https://certiabisnismereka.blogspot.com/ https://marketingsaya.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Mengamankan Data di Hard Disk

20 Januari 2021   10:59 Diperbarui: 20 Januari 2021   11:23 158 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengamankan Data di Hard Disk
Source image: indoworx.com

Hard disk merupakan salah satu hardware terpenting untuk PC/Laptop. Hardisk memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah sebagai tempat penyimapanan data maupun aplikasi dan OS, menggunakan aplikasi untuk produktif, dan lain sebagainya. Karena terlalu sering digunakan untuk pekerjaan ataupun hal yang lainnya, terkadang kita juga lupa untuk melakukan back-up data, untuk menghindari file/dokumen penting hilang. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan cara-cara untuk mengamankan data yang ada di hardisk eksternal milik kita.

Cara Mengamankan Data Yang Ada Di Hard Disk Agar Tidak Hilang

Menggunakan Hardisk Eksternal

Hardisk eksternal atau USB drive sangat penting untuk kalian miliki, guna menyalin semua data yang ada pada hardisk lama kalian (backup data). Bagi kalian yang menggunakna USB drive sebagai tempat untuk memback-up data-data atau file penting pada komputer atau laptop kalian, sangat disarankan untuk menggunakan USB drive yang memiliki kapisas storage yang besar, agar dapat menampung seluruh data atau file penting milik kalian.

Memanfaatkan Fitur System Restore

Menginstall software atau aplikasi secara sembarangan tentunya akan berdampak serius pada PC/Laptop milik kalian. Untuk berjaga-jaga dan menghindari hal tersebut, kalian dapat memanfaatkan fitur system restore pada PC/Laptop milik kalian.

Dengan begitu, jika terjadi sesuatu pada saat proses instalasi aplikasi. Kalian dapat kembali ke "point" sebelum masalah tersebut terjadi.

Manfaatkan fitur Backup & Restore Data

Data-data yang kalian miliki akan terjamin keamanannya, jika file Backup ini tidak hilang atau kalian hapus. Backup dengan cara menggunakan System Image merupakan cara yang paling jitu untuk memback up data-data yang kita miliki agar tidak hilang. Akan tetapi ukuran file backupnya yang besar, membuat banyak pengguna PC/Laptop berpikir-pikir lagi sebelum menggunakan cara ini.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Comodo Time Machine ataupun aplikasi sejenisnya akan sangat bagus sekali untuk menjaga data/file yang kita miliki agar tidak hilang. Akan tetapi, terdapat suatu kekurangan dari aplikasi tersebut. Yaitu, aplikasi ini kadang membuat hardisk yang kita miliki cepat penuh dan membuat hardisk yang kita miliki bekerja lebih keras. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan kemungkinan hard disk yang kita miliki cepat rusak.

Menggunakan Antivirus

Beberapa data penting kadang dapat hilang atau dihapus oleh virus. Jadi pastikan jika PC/Laptop yang kalian gunakan menginstall aplikasi antivirus dan selalu mengupdate sistem operasi yang kalian miliki. Jika kalian menggunakan OS Windows kalian dapat menggunakan antivirus bawaannya, yaitu Microsoft Security Essentials atau Windows Defender.

Kurang lebih itulah cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk mengamnkan data yang ada dihardisk kalian agar tidak hilang. Dengan mempraktikan cara-cara tersebut, kecil kemungkinan file atau data-data yang kalian miliki terhapus.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x