Mohon tunggu...
Manuela Sondana T. Pakalang
Manuela Sondana T. Pakalang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

suka mendesain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Budaya Jember melalui Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka

24 September 2022   00:24 Diperbarui: 24 September 2022   00:32 43 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
1.1 Bermain Ular Tangga (dokpri)

Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimana program ini bertujuan untuk membangun karakter mahasiswa dengan cara mengenal budaya dan lingkungan yang baru. 

Penulis mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka sebagai angkatan ke 2 di Universitas Jember. Awal mula tiba di Jember, Jawa Timur penulis melihat beberapa hal yang sangat berbeda. Salah satunya adalah perbedaan harga makanan. Mungkin karena penulis berasal dari daerah timur yang terkenal bahan pokoknya cukup mahal dibanding yang ada di daerah Jawa sehingga itu merupakan satu hal yang berbeda. Selain itu, perbedaan intonasi berbicara. Di Jember masyarakatnya terkesan lebih lembut, halus sedangkan di daerah asal penulis masyarakatnya memiliki intonasi yang agak keras. Dari beberapa perbedaan tersebut, penulis menyadari bahwa keberagaman yang ada di Indonesia itu cukup unik dan menarik.

Salah satu kegiatan dari Pertukaran Mahasiswa Merdeka yaitu kegiatan Modul Nusantara. Apa sih itu modul nusantara? Jadi, modul nusantara itu merupakan beberapa kegiatan yang meliputi kegiatan kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial. Tujuan dari kegiatan modul nusantara ini yaitu untuk menambah wawasan mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia.

Sabtu (3/9) merupakan pelaksanaan perdana kegiatan Modul Nusantara. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Edukasi Universitas Jember. Nah, pada kegiatan ini para mahasiswa (i) dari beberapa daerah memperkenalkan budaya masing-masing. Alternatif yang digunakan untuk memperkenalkan budaya itu sangat menarik karena menggunakan game ular tangga. Mekanisme permainannya itu ialah dosen pembimbing lapangan (DPL) membagi beberapa kelompok, nah kelompok tersebut terdiri dari 4-5 anggota. Peraturan dari permainan ular tangga yaitu setiap anggota dari kelompok yang dibentuk akan melemparkan dadu lalu akan diberikan pertanyaan dari kelompok lain mengenai budaya dari daerah asal.

Sabtu (10/9) kegiatan kedua Modul Nusantara diadakan di Museum Huruf. Di museum huruf para mahasiswa (i) pertukaran diperkenalkan tentang beberapa perjalanan aksara nusantara dari awal mula sampai saat ini. Jadi disana ada narasumber yang menjelaskan aksara tersebut, para mahasiswa (i) diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai perjalanan aksara nusantara. Selain itu, para mahasiswa (i) pertukaran juga menganalisis film pendek "Bhako" dimana film ini menceritakan tentang kehidupan petani tembakau. 

1.2 Berkeliling Melihat Perjalanan Aksara Nusantara (dokpri)
1.2 Berkeliling Melihat Perjalanan Aksara Nusantara (dokpri)

Minggu (11/9) kegiatan Modul Nusantara ketiga dilaksanakan di Wisata Alam Rembangan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi mengenai makanan yang telah dicoba oleh mahasiswa (i) pertukaran dan wawancara dengan enterpreneur kuliner di Jember sebagai sarana memperkenalkan budaya masing-masing dan disajikan juga makanan khas Jember sehingga semua mahasiswa (i) memahami keragaman antar budaya di bidang kuliner Nusantara.

1.3 Diskusi mengenai makanan khas Jember (dokpri)
1.3 Diskusi mengenai makanan khas Jember (dokpri)

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan