Mohon tunggu...
Rusmanto
Rusmanto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Self Employee

Enjoy your life and always grateful.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Penipuan Modus Baru Via OVO Tokopedia

5 Juni 2020   20:20 Diperbarui: 5 Juni 2020   20:24 2074
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Saya baru saja mengalami penipuan dengan modus si penipu mengaku seller power merchant di tokopedia dengan kronologi berikut:

Saya menemukan barang yang ingin saya beli di situs OLX berupa iphone 7. Setelah berkomunikasi via wa, si penipu mengarahkan saya untuk bertransaksi melalui rekening bersama (rekber) tokopedia demi alasan keamanan bersama. Nama akun / toko si penipu yang mengaku seller power merchant tokopedia tersebut adalah Bintang Bumi Gemilang. 

Setelah saya cek akun penipu tersebut di tokopedia ternyata memang ada, namun akun tersebut tidak mempunyai barang apapun yang dijual di etalasenya. Si penipu mengatakan barangnya memang tidak diupload di tokopedia karena ada di OLX, dia mengatakan yang penting transaksi aman karena melalui rekber di tokopedia.

Setelah deal masalah harga, si penipu mengirimkan invoice tagihan tokopedia ke wa saya dengan nomor IVR/20200527/XX/V/415132690 yang menyatakan jumlah yang harus ditransfer ke rekber BCA Tokopedia.

Saya merasa yakin bahwa ini bukan penipuan karena sy transfer dananya bukan ke rekening si pelaku, tapi ke rekening BCA tokopedia, sebagai penyedia jasa rekber.

Setelah saya konfirmasi sudah transfer ke pelaku, ga pake lama tiba-tiba kontak wa saya langsung diblokir oleh penjual tersebut, dan hapenya sudah dinonaktifkan. Disini baru saya merasa yakin bahwa ini adalah tindakan penipuan dengan modus baru.

Saya melakukan komplain ke cs tokopedia mengenai kejadian penipuan ini, ternyata pihak tokopedia tidak bisa membantu karena pelaku sudah mengambil uang tersebut. Karena setelah diselidiki ternyata invoice yg dikirimkan ke saya adalah invoice editan, namun dengan nomor invoice yg sebenarnya, yang ternyata adalah tagihan pengisian saldo OVO si pelaku, dimana setelah saya transfer dana tersebut langsung diteruskan pihak tokopedia ke saldo OVO si pelaku, tentu saja dana tersebut tidak dapat diselamatkan lagi.

Ini benar2 modus penipuan model baru, dimana si penipu melakukan pengisian saldo OVO nya melalui tokopedia sejumlah tertentu, lalu invoice tagihan dari tokopedia diedit seolah2 tagihan pembelian barang yg dikirimkan kepada si korban (saya).

Demikian pengalaman ini saya tuliskan sebagai peringatan bagi lainnya agar tidak ada lagi korban berikutnya, karena samapai saat ini si penipu masih bebas melakukan aksinya mencari korban2 selanjutnya. 

Demikian semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun