Mohon tunggu...
M Anshari Akbar
M Anshari Akbar Mohon Tunggu... Penulis Sepakbola

Ketika orang-orang berhasil, hal tersebut dikarenakan kerja keras. Keberuntungan tidak memberikan andil apa pun dalam sebuah kesuksesan (Diego Armando Maradona)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Inilah 6 Penjaga Gawang dengan Penyelamatan Terbanyak Musim Ini

21 Maret 2021   20:40 Diperbarui: 21 Maret 2021   21:07 103 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah 6 Penjaga Gawang dengan Penyelamatan Terbanyak Musim Ini
Illan Meslier, penjaga gawang Leeds United. (via yorkshireeveningpost.co.uk)

Berbicara tentang seorang penjaga gawang, sering kali para pecinta sepakbola menilai seorang penjaga gawang dari jumlah kebobolannya di tiap laga. Namun ada yang luput dari perhatian, yaitu jumlah penyelamatan pada setiap pertandingan paling menentukan kehebatan dari seorang penjaga gawang.

Jika hanya mengukur dari jumlah kebobolan rata-rata pada setiap pertandingan, rasanya tidak adil jika tidak memperhitungkan peran dari pemain bertahan. Sehingga untuk mengukur kemampuan individu seorang penjaga gawang, akan lebih tepat jika memperhatikan jumlah penyelamatan pada tiap laga.

Yang menarik adalah rata-rata penjaga gawang yang mampu mencuri perhatian pada setiap pertandingan merupakan penjaga gawang dari klub papan bawah klasemen. Hal ini dikarenakan kegagalan dari pemain bertahan dalam menghalau serangan lawan, sehingga penjaga gawang menjadi palang pintu terakhir dalam menghalau serangan.

Sehingga, kadang yang mendominasi penjaga gawang dengan penyelamatan terbanyak pada setiap laga adalah penjaga gawang yang bermain untuk klub di papan bawah klasemen.

Berikut beberapa penjaga gawang di Liga Top Eropa yang memiliki rata-rata penyelamatan yang cukup tinggi pada tiap laga, di antaranya.

1. Illan Meslier

Illan Meslier. (via Getty Images)
Illan Meslier. (via Getty Images)

Penjaga gawang 21 tahun ini merupakan penjaga gawang utama dari klub promosi Liga Premier Inggris musim ini, yaitu Leeds United. Kualitas Meslier bahkan mampu menggeser peran penjaga gawang senior, Kiko Casilla.

Musim ini, meski Leeds United berada di papan tengah klasemen Liga Premier Inggris, Meslier dinilai tampil cukup baik. Dari data statistik, Illan Meslier melakukan rata-rata 4,1 kali penyelamatan pada setiap laga musim ini di Liga Premier Inggris.

2. Sam Johnstone

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN