Mohon tunggu...
M Anshari Akbar
M Anshari Akbar Mohon Tunggu... Penikmat Sepakbola

"Ketika orang-orang berhasil, hal tersebut dikarenakan kerja keras. Keberuntungan tidak memiliki andil apa pun dalam sebuah kesuksesan." (Diego Maradona)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Musim Lalu Gemilang, Musim Ini Tersingkir

11 Februari 2021   23:40 Diperbarui: 11 Februari 2021   23:44 122 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Musim Lalu Gemilang, Musim Ini Tersingkir
Joao Moutinho (kiri) & Adama Traore (kanan). (via Getty Images)

Liga Premier Inggris bisa menjadi salah satu kompetisi domestik yang cukup kompetitif. Bukan hanya urusan menjadi juara, untuk klub kecil yang bisa terus bertahan di Liga Premier Inggris merupakan sebuah prestasi. Karena persaingan dan tekanan yang begitu kuat membuat setiap klub harus bersaing menunjukkan hasil yang terbaik.

Persaingan antar klub tentu sudah menjadi kewajiban dalam sebuah kompetisi, akan tetapi hal lain yang menarik adalah persaingan antar pemain. Kadang persaingan antar pemain bisa mempengaruhi performa di lapangan baik secara tim maupun individu si pemain.

Persaingan antar pemain menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seorang pemain bisa tiba-tiba tampil luar biasa dalam 1 musim kemudian mengalami penurunan pada musim berikutnya. Hal ini cukup wajar, karena biasanya seorang pemain yang selalu menjadi andalan pada musim sebelumnya akan merasa nyaman dan menganggap dirinya tidak tergantikan dalam tim.

Padahal dengan bermunculnya pemain-pemain potensial saat ini, bukan hal yang ditolerir jika ada seorang pemain hebat kemudian bermalas-malasan. Hal lain yang menjadi alasan seorang pemain mengalami penurunan performa adalah cedera, berganti klub, pergantian manajemen klub, atau bahkan pergantian jajaran pelatih tim.

Untuk masalah cedera, ini menjadi perhatian karena bisa mempengaruhi mental bertanding sang pemain. Mungkin cedera secara fisik bisa sembuh atau pulih. Namun tidak sedikit pemain yang mengalami penurunan performa setelah cedera, karena mengalami gejolak mental bertanding yang tidak stabil. Kemudian pergantian klub menjadi masalah karena harus adaptasi dengan suasana baru yang membuat seorang pemain belum tentu merasa nyaman.

Pergantian manajemen klub sebenarnya tidak berpengaruh besar. Akan tetapi pada era saat ini, ketika sepakbola sudah cukup masif diberitakan, ketika itu pula isu tentang manajemen yang baru terdengar sampai ke telinga para pemain. Mungkin tidak berpengaruh secara langsung, tapi sedikit banyak bisa mengganggu kenyamanan seorang pemain.

Pergantian jajaran pelatih tentu menjadi hal yang sangat berpengaruh, karena bisa saja seorang pemain bintang tidak cocok dengan taktik yang diharapkan oleh pelatih baru. Itu sebabnya seorang pemain bintang harus juga bertipe versatile agar bisa selalu dimanfaatkan oleh pelatih mana pun.

Di Liga Premier Inggris musim ini, ada beberapa pemain yang dinilai mengalami penurunan performa dibandingkan dengan musim lalu. Diantaranya.

1. Willian

Willian. (via football-talk.co.uk)
Willian. (via football-talk.co.uk)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN