Mohon tunggu...
M Anshari Akbar
M Anshari Akbar Mohon Tunggu... Penulis Sepakbola

Ketika orang-orang berhasil, hal tersebut dikarenakan kerja keras. Keberuntungan tidak memberikan andil apa pun dalam sebuah kesuksesan (Diego Armando Maradona)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengulik Akademi Schalke 04 dan Para Alumninya Kini

20 Januari 2021   21:45 Diperbarui: 20 Januari 2021   21:58 357 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengulik Akademi Schalke 04 dan Para Alumninya Kini
Anak-anak yang sedang bermain untuk akademi Schalke 04. Foto: schalke04.de

Untuk level sepakbola Jerman, Schalke 04 merupakan salah satu klub yang memiliki sejarah yang cukup panjang dan memiliki prestasi cukup baik. Selain Bayern Munchen, Schalke 04 juga sama dengan klub papan atas Bundesliga Jerman saat ini seperti Borussia Dortmund, Borussia Monchengladbach, atau Stuttgart yang sama-sama memiliki gelar juara Bundesliga dibawah jumlah 10.

Sebagai catatan, Bayern Munchen meraih 30 kali juara Bundesliga, Borussia Dortmund meraih 8 kali juara, Schalke 04 memiliki 7 gelar juara Bundesliga, sedangkan Stuttgart dan Borussia Monchengladbach sama-sama baru mengoleksi 5 kali juara Bundesliga Jerman. 

Hanya saja dalam beberapa musim terakhir ini Schalke 04 sedang mengalami penurunan performa yang cukup jauh. Mulai pada musim 2018/2019 lalu Schalke 04 berada pada papan bawah klasemen akhir Bundesliga Jerman, dan yang lebih parah adalah musim ini karena berada di posisi juru kunci papan klasemen sementara Bundesliga Jerman.

Tentu ini sangat mengkhawatirkan bagi salah satu klub legendaris ini, dan berharap nasibnya tidak seperti klub legendaris lainnya. Untuk diingat, klub peraih gelar 9 kali juara Bundesliga Jerman, FC Nuremberg, dan peraih 6 kali juara Bundesliga Jerman, Hamburger SV, saat ini bermain untuk kasta kedua Liga Jerman.

Yang lebih parah adalah nasib salah satu klub legendaris Jerman yang mengoleksi 4 gelar juara Bundesliga Jerman, FC Kaiserslautern, yang saat ini bermain untuk kompetisi kasta ketiga Liga Jerman. Tentu harapan agar Schalke 04 tidak terdegradasi musim ini sangat besar agar tidak menambah klub hebat yang akan turun kasta.

Padahal jika dilihat dari akademi pemain serta pemain-pemain yang dihasilkan, Schalke 04 merupakan salah satu akademi terbaik dari sepakbola Jerman. Beberapa pemain hebat yang pernah dihasilkan dari akademi Schalke 04, namun saat ini masih aktif bermain diantaranya.

1. Manuel Neuer

Manuel Neuer, ketika berseragam Schalke 04. Foto: Getty Images via uefa.com
Manuel Neuer, ketika berseragam Schalke 04. Foto: Getty Images via uefa.com

Penjaga gawang 34 tahun ini mulai dikenal namanya oleh banyak pecinta sepakbola ketika sudah bermain untuk klub besar Bayern Munchen dan untuk timnas Jerman. 

Tidak dapat dipungkiri, karena bersama Bayern Munchen dan timnas Jerman, Neuer mendapatkan banyak gelar juara, baik secara tim maupun individu. Padahal sebenarnya kapten utama Bayern Munchen dan timnas Jerman ini merupakan pemain lulusan asli dari akademi Schalke 04. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x