Mohon tunggu...
manmodel rumi
manmodel rumi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyongsong Bulan Bahasa

29 September 2022   19:00 Diperbarui: 29 September 2022   19:06 79 16 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

                                    Menyongsong Bulan Bahasa 

Ku lihat di luar jendela kuarahkan pandangan ku ke atas . Di sana mendung berarak

samar-samar sinar mentari menembusnya. Aku duduk di meja kerjaku sambil mengoreksi hasil latihan anak-anak. Sekarang jam menunjukkan pukul 09.50. Jadwal mengajarku di kelas XI Ilmu Bahasa, ketika saya masuk kelas ternyata mereka sedang sibuk mengerjakan sesuatu. 

"Sedang mengerjakan apa Nak ..kalaian?" tanyaku. "Bu kami boleh minta jam Ibu untuk sosialisasi ke kelas-kelas tentang pelaksanan Bualan Bahasa?" tanya Adam ketua kelas mereka. 

"Boleh, silakan. Tapi benar-benar manfaatkan waktunya ya...jangan digunakan hal lain selain sosialisasi." kataku. "Baik Bu.". Jawab Adam.

Selain menyosialisasiakan ke kelas-kelas panitia juga lewat IG MAN Kota Palangka Raya 

Minggu depan bulan Oktober,  Seperti tahu-tahu yang sudah kami kelas bahasa mengadakan lomba yang disebut dengan lomba Bulan Bahasa, dan untuk bulan Oktober tahun 2022 ini merupakan pelaksanaan lomba Bulan Bahasa XVI di MAN Kota Palangka Raya. Panitia pada pelaksanaan kegiatan ini di pengang oleh siswa kelas XI Ilmu Bahasa dan dibantu kelas X dan XII Ilmu Bahasa. Sedangkan tahun ini yang menjadi peserta lomba khusus Siswa MAN kota Palangka Raya semua kelas dan semua jurusan. 

Biasanya ifen lomba ini yang juga dilaksanakan perseta lomba sekolah lain tetapi dilaksanakan dua tahun sekali. sedangkan yang setahun sekali peseerta dari dalam saja. Tujuan dari kegiatan Bulan bahasa ini adalah untuk memunculkan kreatifitas yang mereka gemari dan kuasai. Dengan adanya ajang lomba ini merek menjadi berani tampil di depan teman-temannya untuk unjuk kemampuan ekstrakurikulernya yang mungkin selama ini tidak terekspos. karena itu mereka berlomba mendaftarkan diri untuk mewakili kelas masing-masing dengan mengikuti mata lomba yang ada.

Mata lomba yang  dilombakan biasanya kreatifitas yang berkaitan dengas mata pelajaran jurusan Ilmu bahasa yang juga dipelajari oelh jurusan lain. Misalnya

1. Pidato Tiga Bahasa ( Bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan Bahasa Asing)

2. Menulis Cerpen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan