Mohon tunggu...
Manik Sukoco
Manik Sukoco Mohon Tunggu...

Proud to be Indonesian.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Belajar dari Kosta Rika

29 Maret 2017   06:56 Diperbarui: 29 Maret 2017   07:07 715 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar dari Kosta Rika
Negara Kosta Rika (Sumber: Package Costarica).

Judul saya pastilah membingungkan pembaca. Ada dua pertanyaan besar disini. 

  1. Dimanakah Kosta Rika itu?
  2. Apa yang bisa dipelajari dari Kosta Rika?

Kosta Rika adalah negara terkecil kedua di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Nikaragua di sebelah utara, Panama di selatan-tenggara, Samudra Pasifik di barat dan selatan, dan Laut Karibia di timur. Negara ini memiliki tingkat politik paling aman di kawasannya dan masih bisa digolongkan sebagai negara berkembang. Ini adalah jawaban dari pertanyaan pertama.

Lalu jawaban dari pertanyaan yang kedua, Kosta Rika adalah negara yang bisa dijadikan teladan dalam upayanya untuk tidak memakai bahan bakar fosil (minyak dan batubara). 

Untuk itu, saya akan menyalin transkrip dari pidato Monica Araya dalam TED Talks yang bertajuk "a small country with big ideas to get rid of fossil fuels". Anda bisa melihat video utuhnya di sini

Dalam video tersebut dijelaskan tentang bagaimana negara kecil seperti Kosta Rika mampu memimpin dalam upaya mencegah Perubahan Iklim. Berikut transkrip video tersebut. (Lihat transkripnya di sini)

National Museum of Costa Rica / El Museo Nacional de Costa Rica | flickr.com -- Trevor Huxham
National Museum of Costa Rica / El Museo Nacional de Costa Rica | flickr.com -- Trevor Huxham
Ini adalah Museum Nasional kami sekarang. Terang dan damai, dan ketika Anda berdiri di depannya, akan sulit mempercayai bahwa bangunan ini dulunya adalah barak militer di akhir tahun 40-an. 

Kami memulai hidup baru tanpa tentara di tempat ini dan disinilah kami akan menyatakan penghapusan penggunaan bahan bakar fosil suatu hari nanti. Kami akan membuat sejarah lagi. Terima kasih.

Semoga ide besar yang dirintis oleh negara kecil seperti Kosta Rika, mampu menginspirasi kita semua. Amin.

VIDEO PILIHAN